Mendagri RI Tito Karnavian Melonching Gerakan Pembagian10 Juta Bendera Sang Saka Merah Putih

YOUTEFAPIST.COM, – (JAYAPURA),Merauke – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian akan melaunching gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Monumen Kapsul Waktu, Merauke, Provinsi Papua, Jumat, 12 Agustus 2022.

 

 

Hal ini untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

 

 

 

Gerakan pembagian 10 juta bendera Merah Putih ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air. Kemudian juga berusaha untuk meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia.

 

 

“Gerakan ini merupakan imbauan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia,” kata Direktur Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Dirjen Polpum Kemendagri Drajat Wisnu Setyawan kepada wartawan usai menggelar rapat koordinasi dengan Forkompinda Provinsi Papua dan Pemkab Merauke di Kantor Bupati Merauke, Rabu, 10 Agustus 2022.

 

 

Sementara itu, Sekretaris Daerah Merauke, Ruslan Ramli mengatakan masyarakat Merauke siap mensukseskan kegiatan gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

 

 

Menurutnya, seluruh etnis Nusantara di Tanah Anim Ha akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut. “Kami berharap melalui kegiatan tersebut, akan semakin menggelorakan semangat kemerdekaan,” ujarnya.

 

 

Lanjutnya, dalam rangka menyukseskan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih guna menyemarakkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Pemkab Merauke siap menyambut kedatangan Mendagri dengan memerah putihkan Kota Merauke.

 

Hal senada disampaikan Asisten I Sekda Papua, Doren Wakerkwa mengatakan, pencanangan pembagian 10 juta bendera merah putih yang dipusatkan di Kabupaten Merauke menunjukan bahwa Papua adalah bagian yang tak terpisahkan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

“Pembagian bendera ini menunjukan bahwa Papua adalah bangsa Indonesia, Papua untuk NKRI. Maka itu kami ajak seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih pada 17 agustus,” kata Doren Wakerkwa di Merauke, Rabu (10/8/2022).

 

Doren pun menilai, pencanangan tersebut menunjukan adanya perubahan pemikiran dan konsep seluruh elemen masyarakat untuk membangun Papua dalam bingkai NKRI.

 

“Dengna demikian seluruh masyarakat di Papua dapat bersatu padu membangun daerahnya, baik itu di wilayah selatan, pegunungan dan secara umum di Papua. Kita tunjukan SDM kita mampu bersaing dengan provinsi lain,” tambahnya.

 

Sementara itu, Doren mengakui berbagai persiapan jelang pencanangan pembagian 10 juta bendera merah putih kian matang. Hal ini berkat solidnya Pemkab Merauke bersama unsur Forkopimda setempat.

 

 

“Kami menunggu Mendagri, Tito Karnavian yang akan tiba pada 12 Agustus pagi. Beliau dijadwalkan tiba pukul 07.00 WIT. Tapi setelah kegiatan beliau langsung berangkat kembali ke Jakarta,” ungkapnya. (****)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.