Pertemuan Bersama Pimpinan Hotel dan PB Peparnas XVI Se-Kota dan Kabupaten Jayapura

foto suasana Rapat bersama PB Peparnas XVI dan Pimpinan Hotel di Horison Padang Bulan

Dari: Rapat Evaluasi dan Koordinasi Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 Provinsi Papua di Hotel Horison Padang Bulan.

YOUTEFAPOST.COM,-(ABEPURA),- Pada hari Rabu tanggal 18 Agustus 2021 pukul 10.05 s.d 14.40 WIT bertempat di Hotel Horison Padang Bulan, Jl. Raya Abepura-Sentani, Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura telah dilaksanakan Rapat Koordinasi Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 Provinsi Papua dengan Pihak Perhotelan se-Kota dan Kabupaten Jayapura dalam rangka koordinasi bidang Akomodasi dan Konsumsi pelaksanaan Peparnas XVI tahun 2021 di Papua. Kegiatan dipimpin oleh Doren Wakerwa, SH (Asisten I Sekda Provinsi Papua Bidang Pemerintahan dan Hukum selaku Ketua Harian Panitia Besar Papernas XVI tahun 2021 Papua) dan diikuti sekitar 50 orang antara lain :

DR. Rivo Manansang, SE, MM (Sekertaris Umum Panitia Besar Papernas XVI tahun 2021 Papua).
Hans Hamadi (Wakil Ketua Harian II PB Peparnas XVI Papua)
Jhon Dominggus Nahumuri,M.Si (Ketua Bidang Akomodasi Peparnas XVI/2021 Papua)
Ibu Kansiana Salle (Ketua Bidang Akomodasi dan Konsumsi Peparnas XVI/2021 Papua).
Roy Gabriel (Cluster General Manager Horison Group Area Papua II).

Arif Zulkarnain (General Manager Hotel Frontone Jayapura).
Elvriani Girsang (General Manager Swisbell Hotel Jayapura).
Suharry Ahmad (General Manager Hotel Aston Jayapura).

Kronologi kegiatan sebagi berikut :

Pukul 10.05 WIT, Kegiatan dimulai dengan pembacaan Doa dipimpin oleh Ibu Kansiana Salle (Ketua Bidang Akomodasi dan Konsumsi Peparnas XVI/2021 Papua).

Pukul 10.07 WIT, Penyampaian pembukaan rapat oleh DR. Rivo Manansang, SE, MM (Sekertaris Umum Panitia Besar Papernas XVI tahun 2021 Papua) intinya sebagai berikut :

Adapun Kegiatan rapat ini bertujuan untuk menyelaraskan kesepakatan bersama khususnya bidang Akomodasi dan Konsumsi terkait dengan pelaksanaan Peparnas XVI/2021 di Papua yang akan berlangsung mulai tanggal 2 s.d 15 November 2021 di Kota Jayapura dan Kab. Jayapura.

Diharapkan kepada seluruh pihak perhotelan se-Kota Jayapura dapat bekerja sama dengan Panitia Peparnas XVI/2021 Papua agar tidak terjadi saling menolak tanggung jawab dan harus kompak sehingga Kita semua dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh peserta nantinya guna menghindari isu-isu negatif yang berkembang di tengah-tengah kita.

Sebelum menentukan kesepakatan diantara kita bersama, Ketua Harian Panitia Besar Peparnas XVI/2021 akan memberikan arahan, dilanjutkan dengan penyampaian dari Bidang Konsumsi dan Akomodasi terkait apa-apa yang menjadi beban pada pelaksanaan nanti.

Pukul 10.13 WIT, Penyampaian dari Doren Wakerwa, SH (Asisten I Sekda Provinsi Papua Bidang Pemerintahan dan Hukum selaku Ketua Harian Panitia Besar Papernas XVI tahun 2021 Papua) intinya sebagai berikut :
Pertemuan ini untuk mengevaluasi kembali hal-hal yang pernah dibahas sebelumnya terkait dengan bagaimana kita bisa menggunakan Hotel dalam rangka kehadiran Peparnas XVI/2021 di Papua.

Sebelumnya Pemerinta Prov. Papua memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak perhotelan di Kota dan Kab. Jayapura untuk mendukung kegiatan Peparnas XVI/2021 di Papua.

Kegiatan Peparnas XVI/2021 di Papua ini merupakan kepercayaan yang bukan hanya diberikan oleh Pemerintah RI kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Namun seluruh masyarakat yang bekerja di Papua juga menerima kepercayaan tersebut dan ikut mensukseskan jalannya kegiatan nanti, termasuk seluruh Hotel yang ada di Kota dan Kab. Jayapura.

Adapun situasi yang pertama yang akan kita bahas adalah negosiasi Harga Hotel yang nanti akan dipakai adalah Harga Group yang rasional, artinya tidak terlalu mahal dan tidak melayani pemesanan melalui Traveloka.

Negosiasi harga sangat diperlukan agar kita temuai kesepakatan bersama guna menghindari adanya permasalahan-permasalahan ke depan hingga diketahui oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga maupun Kementerian Pariwisata.

Oleh karena itu, kekompakkan yang harus kita tunjukkan nanti memberikan kesan yang baik bagi 34 Provinsi yang akan mengikuti kegiatan Peparnas XVI/2021 di Papua.

Terdapat beberapa dari Pihak Perhotelan yang sudah mengajukan rincian biaya Akomodasi nantinya termasuk biaya perbaikan Hotel sebesar 3 Milyar Rupiah sehingga dari Pihak Panitia akan melanjutkan usulan tersebut guna mensukseskan kegiatan Peparnas XVI/2021 di Papua.
Untuk itu, kesempatan kali ini pihak Pehotelan harus memberikan rincian yang jelas terkait biaya Akomodasi nantinya.

Hal kedua, semua usulan yang telah diberikan oleh Pihak Perhotelan terkait dengan biaya Akomodasi baik biaya Kamar maupun biaya perbaikan berjumlah 53 Milyar rupiah sudah disetujui oleh Panitia, namun yang menjadi persoalan mekanisme pelaksanaan penyerahan dana nanti harus ada kesepakatan seperti perjanjian kontrak antara Panitia dan Perhotelan.

Hotel hotel tidak perlu berpatokan berdasarkan orang orang akan datang, seandainya yang hadir dari 34 provinsi kalau ada beberapa Provinsi tidak hadir 20(dua puluh) saja yg hadir berarti yang kita lakukan negosiasi kita lakukan diskusi lagi.

Kita juga belum cek semuanya termasuk akomodasi konsumsi semua hotel kekuatannya berapa bagaimana Konsumsi nya dihotel atau di tempat masing masing.

Termasuk harga hotel nanti kita bahas dan evaluasi saya minta waktunya segera diselesaikan semuanya sehingga saya mendapat keputusan yang jelas, setelah mendapatkan laporan dari pak sekretaris saya minta tolong kepada bapak ibu manager bantu kami jalan keluarnya.

Pukul 10.45 WIT, Tanggapan Jhon Dominggus Nahumuri,M.Si (Ketua Bidang Akomodasi Peparnas XVI/2021 Papua) yang intinya :

Saya harus memastikan hotel-hotel dalam mematok harga jangan terlalu tinggi jika terlalu tinggi maka kami akan meninjau kembali bagi hotel-hotel yang memasang harga yang terlalu tinggi, kata Sekum Peparnas DR Rivo Manangsang.

Jadi kita harus dipahami dalam hal ini, mari kita sama sama membantu kelancaran event ini kita membantu pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah dalam mensukseskan pelaksanaan even Peparnas ke XVI tahun 2021.

Pukul 10.50 WIT, Tanggapan dari Doren Wakerwa, SH (Asisten I Sekda Provinsi Papua Bidang Pemerintahan dan Hukum selaku Ketua Harian Panitia Besar Papernas XVI tahun 2021 Papua) yang intinya

Kami minta klarifikasi dengan baik bagi hotel-hotel,tidak perlu lagi melalui Traveloka kita bicarakan dan selesaikan sama- sama ini hanya masalah tehnis saja kita bisa selesai kan bersama saya minta harga kamar hari ini semuanya sudah mencapai kesepakatan.

2) Terimakasih masukan dari teman teman atas masukannya sesuai dengan arahan bapak Alm. Wakil gubenur hal-hal tehnis agar segera diselesaikan ini hal kecil yang penting dibicarakan bagus pastinya akan selesai.

Pukul 10.55 WIT Doren Wakerwa, SH (Asisten I Sekda Provinsi Papua Bidang Pemerintahan dan Hukum selaku Ketua Harian Panitia Besar Papernas XVI tahun 2021 Papua) meninggalkan ruangan rapat.

Pukul 11.00 WIT, Penyampaian dari DR. Rivo Manansang, SE, MM (Sekertaris Umum Panitia Besar Papernas XVI tahun 2021 Papua) yang intinya :

Dalam pelaksanaan event ini penting bagi kita terutama dalam akomodasi dan konsumsi ada anggaran APBN nya, anggaran yang keluar karena kondisi tertentu dan keluar jika terjadi bencana dll,jika ada PON dan Peparnas itu keluar tetapi ketat berlapis tentang verifikasi dan pengawasan nya sangat ketat.

Saya mau kita tertib disini apapun yang kita kerjakan akan ada lap historis dan diperiksa sangat ketat dibahas berulang ulang,Sampai sekarang anggaran PON itu masih terkatung katung oleh karena itu kita bersyukur ada anggaran APBD jadi kita harus berhati-hati apapun kegunaannya yang penting kita jelas oleh karena itu kita bahas secara bersama.

Standard kami per kamar per orang Rp. 700.000 (tujuh ratus ribu) yang diadopsi oleh anggaran nasional disebut dengan fullboad,Kita harus ada kesepakatan didalam dan nomenklatur anggaran tetap namun fungsinya didalam fesibel agar kita satu suara kenapa kami undang bidang konsumsi karena dia harus jelaskan tanggung jawabnya pada saat pelaksanaan dimana letaknya dan itu anggaran Nasional.

Jadi konsumsi itu berupa makan snak 2 kali, makan pagi,makan malam,kalau begini ada anggaran Konsumsi sendiri,jadi kalau dihotel tanggung jawab konsumsinya bagaimana harus dikroscek kembali disini bagi teman teman konsumsi harus mendekat kepada para manajer hotel agar sepanjang giat ini bisa berjalan dengan baik.

Mengenai harga itu tetap sesuai harga dari kami yang didapatkan sebelum nya sumber anggaran yang diperoleh melalui verifikasi paling ketat dari sekian banyak pembahasan dan rapat yang dilakukan.

Dari Rp. 700.000 (tujuh ratus ribu) per kepala kami sudah rubah menjadi Rp. 900.000(sembilan ratus ribu) per kepala, yang penting masuk akal bisa diserap anggaran nya dan tidak ada yang dirugikan baik hotel maupun Negara maka semuanya tidak masalah yang terpenting disini penggunaan anggaran itu harus jelas karena setelah itu kita akan mengalami beberapa tangkai pemeriksaan yang sangat ketat terkait anggaran.

Oleh karena itu kami berharap akomodasi konsumsi naik disini dengan pihak EO duduk dan rapatkan apa yang menjadi tanggung jawab mana yang harus dipisah dan gabung sehingga list anggaran sudah melekat baik diluar dan didalam,Terkait kamar kita harus sepakat panitia harus mempunyai list cabor mana yang dibebankan dengan kursi roda jadi ketika dideteksi semuanya sudah terverifikasi dengan baik.

Standar tetap kami Rp. 700.000(tujuh ratus ribu) sesuai APBN dan kami tambah menjadi Rp. 900.000(sembilan ratus ribu), terkait konsumsi bagaimana rinciannya jika antara 2 (dua) hnominal harga tersebut digunakan konsumsi nya bagaimana, Kegiatan ini hanya 14 hari tolong dibantu bersama untuk kepentingan Nasional.

Kami akan menunggu sampai clear dan kami akan masuk kembali mendengar hasilnya,kami sangat senang karena setiap GM karena mendukung Pemerintah Daerah menyelenggarakan kegiatan ini sebenarnya kegiatan ini tanggung jawab dari PON dan Peparnas tetapi di berikan pada Pemerintah Daerah sebagai pendukungnya.

Pukul 11.17 WIT, Penyampaian dari dari Jhon Dominggus Nahumuri,M.Si (Ketua Bidang Akomodasi Peparnas XVI/2021 Papua) yang intinya :
Terkait Harga baik harga publis ,harga corporat,harga online beserta dengan perbaikannya tolong ini di pertimbangkan bagaimana tehnisnya.

Bagi hotel hotel yang ketersediaan kamarnya kurang yang sesuai dengan kriteria Cabor maka kami akan upayakan untuk mencari alternatif selanjutnya.

Makadari itu kami minta rekapitulasi secara lengkap tentang semua ketersediaannya agar anggarannya bisa disesuaikan dan Harga yang terendah yang kami minta kepada bapak ibu semua.

Pukul 11.31 WIT, Penyampaian dari Ibu Kansiana Salle (Ketua Bidang Akomodasi dan Konsumsi Peparnas XVI/2021 Papua) yang intinya :

Dalam perencanaan kami bidang Konsumsi kami memberi makan kepada atlet maupun official sebanyak 5 (lima) kali yaitu makan pagi , snak jam 10 (sepuluh) pagi, jam 12 (dua belas) makan siang, snake sore pukul 16.00 WIT makan malam dan snak malam.

Kami akan bekerja sama dengan bidang pertandingan apakah akan langsung ditangani oleh EO dan para pimpinan hotel kita atur bagai mana dalam perencanaan kami setiap hotel bisa menyiapkan ruangan khusus untuk menyediakan tempat makan bagi para atlit dan official.

Pukul 11.35 WIT, Kegiatan dilanjutkan Diskusi secara internal antaran Bidang Akomodasi dan Konsumsi dengan para General Manager Perhotelan yang mendukung pelaksanaan Peparnas XVII Tahun 2021.

Pukul 14.28 WIT, Rapat dan diskusi secara internal antara Bidang Akomodasi dan Konsumsi dengan Para pimpinan Perhotelan Selesai dengan hasil kesepakatan sebagai berikut :

Bidang Akomodasi sepakat untuk harga sesuai corporat dimana perorangan dan mendapat breakfast disesuaikan dengan bintang dan kelas masing masing Hotel.

Para Peserta/Atlet yang akan masuk menempati harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Peparnas,pihak hotel tidak bisa menentukan.

Bidang konsumsi akan tetap sesuai dengan tugasnya yaitu melayani atlet sesuai dengan apa yang di program kan.

Pukul 14.40 WIT, Kegiatan Rapat Koordinasi Panitia Besar Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI tahun 2021 Provinsi Papua dengan Pihak Perhotelan Se-Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura Selesai situasi aman(**)
(Redaksi YP.COM)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *