Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik, Hukum dan Kriminal » Angin Segar Bagi Para Seniman Papua Karna dilindungi oleh Payung Hukum

Angin Segar Bagi Para Seniman Papua Karna dilindungi oleh Payung Hukum

(111 Views) Juni 5, 2021 12:25 pm | Published by | No comment

Dari Acara Pencerahan dan sosilisasi Kerja Sama pengawasan potensi pelanggaran kekayaan intelektual dengan Intansi Terkait kantor Wilayah Kemenhukum dan Papua

YOUTEFAPOST.COM, -(JAYAPURA),- Peraturan Pemerintah tentang perlindungan hak bagi pencipta kini telah disahkan oleh Presiden Jokowi lewat surat nomor 56 tahun 2021 tentang royalti pencipta.

Undang-undang tersebut menjadi perhatian khususnya bagi mereka pencipta karya dari seniman, pengarang maupun pencipta. Untuk itu diminta untuk segera mendaftarkan hasil karya sehingga seniman mendapatkan legalitas hukum.

Hal seperti itu sudah sering terjadi di media sosial YouTube, hasil karya orang lain dinyanyikan dan menjadi viral namun pemilik hak cipta lagu tidak mendapatkan royalti dikarenakan hak ciptanya belum didaftarkan.

Namun dengan terbentuknya undang-undang tersebut pemerintah mengharapkan untuk para pencipta karya seni segera mendaftarkan hak cipta kepada Kemenkumham sehingga memiliki legalitas hukum yang jelas.

Untuk itu para seniman, pengarang maupun pencipta diminta segera mendaftarkan hasil karyanya sehingga pihak penegak hukum dapat melindungi hasil ciptaan dan dapat mengklaim royalti dari hasil karya tersebut.

“Sudah terjadi banyak pelanggaran dari hak kekayaan intelektual di tanah Papua baik dari PPNS kita dan juga Polda tidak bisa melakukan penindakan karena pemilik hak cipta tidak mendaftar,” ujar Kepala Kantor Kemenkumham Provinsi Papua, Anthonius M Ayorbaba, di Kota Jayapura, Jumat (4/6).

Dengan terbentuknya Undang-undang tentang royalti pencipta sehingga pihak kepolisian siap melindungi hak cipta sehingga tidak diserobot dan diambil orang secara cuma-cuma.

“Kami aparat penegak hukum siap melindungi hak kekayaan intelektual yang saudara miliki dan yang sudah didaftarkan sehingga tidak diserobot atau diambil oleh orang lain sehingga hak-hak atau keuntungan rekan-rekan bisa hilang tetapi kami aparat penegak hukum siap untuk melindungi dengan segala aturan hukum yang ada,” tutur
Kasubid Indagsi Polda Papua, Suheriadi.

Salah satu seniman Papua, Hengki Arisoi mengaku antusias mengikuti program yang dibuat oleh Kemenkumham karena lewat program tersebut dapat memberikan wawasan dan juga perlindungan kepada seniman di Papua.

“Selama ini kami merasa tidak dilindungi tetapi dengan hadirnya Kemenkumham dapat menolong kami yang berkarya untuk tanah ini,” tuturnya.

Sementara itu, hal senada juga disampaikan salah satu seniman Papua, Agus Samori juga mengaku mendapatkan pencerahan lewat kegiatan tersebut.

“Kami mendapat pencerahan dari sisi hukumnya dan bagaimana kekayaan ini bisa dibawa dan dilindungi,” ujarnya.

(RedaksiYp.com21)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Angin Segar Bagi Para Seniman Papua Karna dilindungi oleh Payung Hukum

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *