Pertina Papua Diminta kembalikan kejayaan Tinju Orang Asli Papua

“PON XX 2021 KITA HARUS MENANG DAN JUARA”

Bincang – bincang bersama Mantan Petinju Kampung Yang Pernah Mengharumkan Nama Irian Jaya dan Indonesia Dimata Dunia Bapak “Seppi Karubaba”

YOUTEFAPOST.COM,- (JAYAPURA),– Bertempat halaman Kantor KONI Lama APO Jayapaura Senin,(10/05/2021), Saat ditemui di sela-sela kesibukan kerjanya sebagai Pegawai PDAM Jayapura Bapak Seppi Karubaba memberikan Menceritakan Pengalaman-pengalaman i sebagai Mantan Atlit Tinju Papua di- erah Tahun 70 dengan ilmu yang disimpannya saat ia menjadi seorang Atlit Tinju anak Papua.

Seppi Karubaba Adalah Mantan Petinju Kampung merasa penasaran karena mendengar informasi tentang 17 petinju PON XX Papua yang tidak lolos pelatnas saat bertanding di Jakarta ia sangat resah melihat hal ini menurutnya Papua Barat meloloskan 3 petinju untuk masuk pelatnas sedangkan Papua tidak sama sekali oleh sebabnya ia meminta untuk sama-sama membicarakan hal tersebut.

Lanjut kata, Karubaba bahwa tinju itu bukan berantam saja tetapi tinju itu ada punya taktik sehingga orang jawa sudah bisa membaca ciri khas pemain Papua pada ronde pertama ditahan kedua kekuatan petinju papua sudah habis.

Lalu kata, Seppy Karubaba mantan petinju kampung yang pernah di juluki Muhamad Alinya Papua sebanyak 14 Tahun berturut-turut menjadi juara kampung untuk Irian Jaya dikala itu.

Ia mengatakan dari Pohon Kita Bisa Mengenal Buah seppy dan teman-temannya bapak Benny Maniani, Charles Yeristouw, Simon Rumkabu Charold renwarin dan kawan-kawan yang ia tidak menyebutkan namanya satu- persatu.

Menurutnya bahwa sudah 5 kali PON Papua berturut-turut mereka tidak memanggilnya untuk memberikan ilmu kampungnya kepada adik-adik yang baru agar bisa menuruskan kejayaan Tinju orang Papua dan kembalikan Jati diri kita sebagai Juara ditanah Kita sendiri.

Seppy mengatakan bahwa ia bukan petinju tetapi pernah di latih oleh jhon koba dari eropa timur dan carlos dari kuba mendapat ilmu bertinju ia menyesal karena ilmu ini ia pakai untuk membuat apa. “tandasnya

Seppy karubaba juga pernah Melatih tinju kampung melatih grup namun dalam keserhanaannya selalu merendahkan dirinya.

Masyarakat Papua Pernah menanyakannya bahwa Tinju PON XX Papua akan menargetkan 7 emas, namun kenyataannya belum maksimal walaupun sudah dilatih Kawan-kawan senior tinju selama 2 Tahun dengan biaya yang cukup.

Tetapi Ia Mengatakan Bahawa Ia Bukan Petinju namun Kalau menanyakan Kekurangan air ia bisa menjelaskannnya. “Ujarnya.

Oleh sebab ia mengatakan bahwa Olahraga tinju ibarat sebuah kapal yang bisa mengangkat semua orang semua Suku bangsa dengan seorang nakoda yang jika nakoda kurang baik maka kapal tersebut salah arah, “Ungkapnya.

Namun ia Juga Mengatakan Bahwa Kita Tim Tinju PON XX Papua belum terlambat tinggal sisa beberapa bulan jika dirinya dipercayakan ia akan memberikan ilmu kampungnya kepada anak-anaknya agar menjadi juara Pada Pekan Olah Nasional 20 mendatang dinegerinya sendiri ia Juga Yang pernah bersama Bapak Benny Maniani Mengukir sejarah Tinju Profesional Irian Jaya dan Bangsa Indonesia Dalam Asia Games dan Sea Games hanya berlatih selama dua bulan saja bisa mendapat medali Emas apalagi kita di Tanah Kita sendiri tidak bisa Kitorang Harus Bisa kenapa jadi, Tutupnya. “Pungkasnya.

Untuk itu saya sarankan dan Masukan Buat Pertina Papua hidupkan kembali kejuaaran-kejuraan tinju tingkat kampung untuk Tinju baik pada momen-momen hari-hari besar Gubernur cup ketua umum KONI Cup Bupati Cup jangan cuman sepak bola saja Tingkatkan frekwensi Olahraga tinju Kita guna membina bakat-bakat anak asli Papua agar menjadi ajang untuk menyeleksi para atlit tinju kita.

Yang nantinya bisa membawah prestasi mereka pada Pesta Olah-rahaga lainnya bukan hanya PON Saja, “Tambahnya..
(Editor : SONNY RUM/GEIS MUGURI)

Facebook Comments
0Shares