Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Olahraga Papua » Dr. Daniel Womsiwor : Kekuatan Sepak Bola Indonesia Ada Di Wilayah Timur

Dr. Daniel Womsiwor : Kekuatan Sepak Bola Indonesia Ada Di Wilayah Timur

(293 Views) Desember 23, 2020 11:45 pm | Published by | No comment

YOUTEFAPOST.COM,-(JAYAPURA),-Lolosnya Bali United dan Persipura sebagai wakil Indonesia di Kompetisi AFC bukan karena kepentingan PSSI terutama bagi Persipura yang menggantikan Persija, Persebaya dan PSM Makasar.
Persipura pernah lolos tapi akhirnya gagal tampil karena Kinerja PSSI yang kurang profesional ketika itu.
Secara Pribadi saya melihat kekuatan Sepakbola Indonesia justru ada di Indonesia Timur, yaitu di Jayapura, Bali, Jatim dan Makassar.

Berdasarkan data dan fakta terkini 3 tahun terakhir, pemain-pemain yang memiliki Daya tahan, Kekuatan, Kecepatan dan Kelincahan pada level atau Kategori Baik Sekali ada di Tanah Papua atau Jayapura.
Dan itu sudah dibuktikan oleh Marinus Wanewar sebagai Top Skor Piala AFF dan Osvaldo Haay sebagai Top Skor Sea Games. Boas Sallosa meski sudah berusia di atas 33 tahun tapi masih menjadi momok yang menakutkan di Liga Domestik, Terens Puhiru dan Prisca Womsiwor yang punya Kecepatan di level pemain Asia dan Dunia.

Lolosnya Bali United dn Persipura Jayapura bukan kebetulan tapi karena kedua tim sangat siap dari segi Manajemen maupun SDM nya.

Selain itu dalam pengamatan saya di Indonesia hanya beberapa Tim yang bisa menerapkan Sport Scisncel dalam menangani Timnya, termasuk Bali United dan Persipura meski belum secara utuh.

Kedua Tim ini layak wakili Indonesia sehingga saya berharap terutama kepad Persipura agar menerapkan secara utuh Sport Science itu agar ada target yang jelas.

Kalau targetnya adalah juara maka harus berdasarkan data, misalnya Karegori VO2 max setiap pemain itu berapa, Kekuatan Otot Tungkai dan Punggung, Kecepatan, Kelincahan dan beberapa Komponem Fisik Dasar lainnya.

Jika data-data tersebut jelas maka saya kira untuk bicara target sudah berdasarkan Angka Statistik. Kelemahan yang saya lihat, Ujar Dr. Daniel Womsiwor, di sepakbola Indonesia adalah di Statistiknya. Rata-rata Tim tidak miliki data Tes yang lengkap baik itu Tes Awal, Tengah dan Tes Akhir.

Kalau di Malaysia, Jepang Korea apalagi Australia data dalam bentuk angka (Statistik) sangat jelas sehinggi untuk menganalisis target itu berdasarkan Angka Statistik.

Berbicara aplikasi Aport Science itu salah satunya adalah Statistik. Semoga Persipura dan Bali United sudah bisa menerapkannya agar terget juara bisa di Prediksi Tercapai “ucap . Dr. Daniel Womsiwor, M.Fis., AIFO-P selaku Ketua Perhimpunan Ahli Ilmu Faal Olahraga Indonesia (PAIFORI) Wilayah Tanah Papua….(SR)
(Redaksi/2020 yp.com)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Dr. Daniel Womsiwor : Kekuatan Sepak Bola Indonesia Ada Di Wilayah Timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *