Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik, Hukum dan Kriminal » 15 Rekomendasi Berhasil Di Launching Tim Kemanusiaan Untuk Papua ” DUKA DARI HITADIPA”

15 Rekomendasi Berhasil Di Launching Tim Kemanusiaan Untuk Papua ” DUKA DARI HITADIPA”

(128 Views) Desember 8, 2020 11:40 am | Published by | No comment

YOUTEFAPOST.COM (JYAPURA),-Tim Kemanusiaan Untuk Kasus Kekerasan Terhadap Tokoh Agama Di Kabupaten Intan Jaya ini dibentuk oleh Gubernur Papua melalui Keputusan Gubernur Papua Nomor 188.4/324/Tahun 2020 pada tanggal 12 Oktober 2020.

Tim ini terdiri dari unsur pemerintah, gereja, jurnalis, akademisi, aktivis LSM dan pengacara.

Tim yang dipimpin oleh Haris Azhar (Ketua) dan Victor Mambor (Sekretaris) ini bertugas :
Mencari dan mengumpulkan data dan informasi serta pendekatan kepada berbagai pihak untuk mengungkapkan fakta dan kebenaran terkait kasus penembakan terhadap Tokoh Agama, Pdt. Yeremia Zanambani;
Melakukan koordinasi dan penanganan tindak lanjut hasil temuan kasus kemanusiaan dimaksud; Mengordinasikan dengan instansi terkait untuk bantuan makanan, kesehatan, sanitasi dan kebutuhan lainnya; ada beberapa Poin-poin Penting telah Buat Oleh Tim Kemanusiaan tentang Kekerasan Yang dilakukan aparat TNI/ AD terhadapa Seorang Hamba Tuhan.
Yang Buat dalam 15 Point Rekomendasi penting yakni :

Adapun Beberapa Rekomendasi dari Tim Kemanusiaan Untuk Kasus Kekerasan Terhadap Tokoh Agama di Kabupaten Intan Jaya kepada pemerintah adalah sebagai berikut:
(1).Meminta Presiden Republik Indonesia untuk memerintahkan Panglima TNI menarik pasukan dan menghentikan operasi militer di Intan Jaya.
(2).Meminta Presiden Republik Indonesia untuk membatalkan rencana pendirian Koramil Hitadipa.
(3).Meminta TNI segera meninggalkan SD YPPGI Hitadipa, agar sekolah itu bisa kembali menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.
(4).Meminta Pemerintah Provinsi Papua berkomunikasi dengan para pihak yang terlibat konflik bersenjata di Intan Jaya, untuk mengupayakan gencatan senjata atau jeda kemanusiaan.
(5).Meminta Gubernur Provinsi Papua untuk mendesak Komisi Nasional Hak Asasi Manusia RI agar segera menindaklanjuti hasil temuannya melalui proses penyelidikan dan penyidikan oleh aparat penegak hukum. 6.Mendesak TNI memberitahukan keberadaan Apinus Zanambani dan Luther Zanambani yang hilang setelah dibawa menuju Koramil Sugapa pada 21 April 2020.
(7).Meminta Gubernur Provinsi Papua untuk mendata jumlah, persebaran, dan kondisi pengungsi dari Hitadipa, Sugapa, Agisiga, dan Ugimba.
(8).Meminta Gubernur Provinsi Papua untuk mengantisipasi resiko kelaparan bagi para pengungsi.
(9).Meminta Gubernur Provinsi Papua untuk memastikan para pengungsi mendapatkan akses pelayanan pendidikan dan kesehatan di tempat pengungsian.
(10).Meminta Gubernur Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten Intan Jaya untuk melakukan pemulihan trauma atau trauma healing kepada masyarakat yang terdampak konflik bersenjata di Intan Jaya, khususnya bagi perempuan dan anak.
(11).Meminta Gubernur Ptovinsi Papua untuk membantu Pemerintah Kabupaten Intan Jaya melakukan pemulihan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Hitadipa. (12).Meminta Gubernur Provinsi Papua melacak Surat Rekomendasi Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) kepada Direktur Utama Mind ID, dan segera mencabut rekomendasi tersebut. (13).Meminta Gubernur Provinsi Papua membentuk tim independen untuk mengumpulkan data kekerasan terhadap kemanusiaan dan dugaan pelanggaran HAM di Tanah Papua. (14).Meminta TNI-Polri menindak dan menjalankan proses hukum terhadap setiap anggotanya yang terlibat dalam kekerasan terhadap warga sipil.
(15).Meminta Dewan Gereja Papua dan lembaga agama untuk mendesak pemerintah agar menarik pasukan TNI-Polri dari Intan Jaya sehingga warga yang mengungsi dapat kembali merayakan Natal di kampung halaman dengan rasa aman.
Laporan ini telah diterima Bapak Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP,MH pada Tanggal 1 Desember 2020 kemarin…(***)
-(Redaksi YP Com Desember 2020)-

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for 15 Rekomendasi Berhasil Di Launching Tim Kemanusiaan Untuk Papua ” DUKA DARI HITADIPA”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *