Warnai HSP 28 Oktober, 2020 KNPI Papua Peduli Kasih Kepada Korban Kebakaran Masyarakat Dok Sembilang

caption Foto : Saat Berfoto Bersama Ketum KNPI Papua AGW Bersama OKP Cipayung di Pantai Hamadi (Rabu, 28 Oktober 2020)

AGW : HUT Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020 Agak Bedah

Caption foto Ketua Umum KNPI Papua Alberto G. Wanimbo, S.IP

YOUTEFAPOST.COM, -( JAYAPURA), – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Papua, mealaksanakan hari ulang tahun yang ke-92 tahun tepat 28 Oktober 1928- 28 Oktober 2020. Kegiatan tersebut berlangsung di Pantai Hamadi, Rabu, (28/10/2020).

Ketua DPD KNPI Provinsi Papua Alberto G. Wanimbo S.Ip mengatakan, hari ini kami KNPI memperingati Hari Sumpah Pemuda (HSP) tepatnya di pantai hamadi.

“Biasanya HSP dilakukan dalam bentuk upacara yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, terus kami organisasi kepemudaan biasanya di undang kesana untuk menjadi peserta,” ujar Alberto kepada wartawan dipantai hamadi, Rabu, (28/10/2020).

Dikatakannya tetapi ditahun kemarin sebelum adanya pandemic kami dari KNPI menyurati pemerintah kemudian ada kerja sama dengan pemerintah disana dan kita pada tahun lalu menggelar kegiatan serupa di Kabupaten Keerom. Dan tahun ini kita buat di sini.

“Waktu kita lakukan kegiatan hari ulang tahun di Keerom sebelum adanya pandemic corona kita bisa kumpul dalam jumlah banyak disana. Seperti menggelar arak-arakan dan pembentangan bendera merah putih sepanjang 3 kilometer waktu itu. Pawai anak-anak SD, TNI/Polri, pemuda dan seluruh OKP” terangnya.

Namun dengan adanya pandemic corona ini kita sehingga kita hanya lakukan kegiatan hari ini pantai hamadi, dua hari terakhir ini kita lakukan konsultasi dengan pihak pemerintah tetapi masih dalam situasi yang terjadi hari ini kita lakukan sederhana saja seperti saat ini.

“Harapan saya ditahun depan kita bisa gelar acara ini dalam bentuk upacara dan kita tahu bahwa cikal bakal Indonesia merdeka itu embrio pergerakan itu lahir pada tanggal 28 Oktober pada tahun 1928 waktu itu,” katanya.

Dan itu dicetuskan oleh Muhamad Yamin, W. Supratman yang menciptakan lagu Indonesia Raya dan seluruh perangkat kenegaraan indonesia waktu itu dan disahkan melalui sumpah pemuda waktu itu. Ada Djong Java, Djong Borneo, Djong Celebes, Djong Amboina dan lainnya di seluruh Indonesia.

“Yang paling penting bangsa indonesia untuk memperingati tanggal 28 Oktober 2020 ini momentum penyatuan pergerakan seluruh pemuda diindonesia itu yang kami tahu menurut sejarah,” pungkasnya.

Kami hari ini ada dua hajatan yakni pertama kita upcara singkat secara seremonial yang dihadiri Plt Sekda Papua Pak Doren Wakerkwa dan dari perwakilan Kodam XVII Cenderawasih.

“Kami juga akan menyerahkan penyaluran bantuan ke saudara-saudara kita yang terkena musibah kebakaran di dok 9 dan menjadi korban. Jadi kita sudah siapkan semua bantuan untuk kita drop ke posko kebakaran,” Ujarnya.

Semua teman-teman OKP dan seluruh pemuda yang ada disini. Kita akan antar semua bahan pokok yang dibutuhkan oleh korban kebakar disana. “Itu adalah kepedulian kita pemuda bagi warga yang menjadi korban kebakaran,” tutupnya. (***)
-(redaksi /editor yp.com 28 oktober 2020)-

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *