Ada Apa Dengan Amerika Serikat, Mengundang Menham Prabowo Subiyanto!?

Caption Foto Menham RI Prabowo Subiyanto

Undang Prabowo, AS Ingin Indonesia Hati-Hati!!?

YOUTEFAPOST.COM,-(JAKARTA),- Pakar hukum internasional, Hikmahanto Juwana melihat ada maksud tertentu dari Amerika Serikat mengundang Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Hikmahanto menduga Amerika Serikat ingin membawa pesan agar Indonesia jangan jatuh ke tangan China.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dijawalkan memenuhi undangan Menteri Pertahanan AS, Mark Esper dari 15 sampai 19 Oktober 2020 untuk kerja sama bidang pertahanan kedua negara.

Meski Prabowo sudah mengantongi visa kunjungan, dia mengingatkan soal sikap AS di masa lalu yang memasukkan Prabowo dalam daftar hitam masuk ke AS.

“Prabowo harus hati-hati saat mengunjungi AS.

Pemerintah Indonesia wajib meminta jaminan agar Prabowo saat di AS tidak diseret oleh siapapun ke pengadilan, terutama korban atau keluarga korban Timor Timur yang bermukim di AS,” jelas Hikmahanto dalam keterangannya dikutip Hops, Sabtu 10 Oktober 2020.

Dalam hukum AS, tulis Hikmahanto, ada dua undang-undang yang memungkinkan warga negara asing untuk digugat atas tuduhan penyiksaan dan pembunuhan.

Dua undang-undang tersebut yaitu Alien Tort Claims Act 1789 dan Torture Victim Protection Act 1992.

“Berdasarkan Undang-undang ini korban atau keluarga korban yang mengalami penyiksaan dan pembantaian (extrajudicial killing) di luar AS dapat menggugat pelaku saat keberadaannya di AS. Gugatan diajukan untuk memperoleh ganti rugi,” kata dia. (Arry)
(Editor : redaksi YP.Com Papua)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *