PLN Papua Siapkan Listrik Untuk PON XX Bertenaga Handal Sejak Tahun 2018

Caption foto Tampak Foto bersama General Managar PT PLN Papua dan Papua Barat Abdul Farid dengan pengurus PB PON XX 2021 di ruangan pertemuan kantor Pusat di Jayapura

YOUTEFAPOST.COM, – ( JAYAPURA),- General Manajer (GM) PT. PLN Papua dan Papua Barat Abdul Farid mengatakan sejak jauh-jauh hari dari tahun 2018 lalu, PLN sudah siap untuk mendukung Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Ke-XX Tahun 2021 di Provinsi Papua.

“Ada berapa hal yang dilakukan yang pertama itu menyangkut kecukupan daya pembangkit dan saat ini sudah daya cukup. Setelah itu baru dilakukan penghandalan dengan memperbaiki jaringan-jaringan, dan saat ini di Kota Jayapura sedang dilakukan penataan kabel-kabel sehingga bisa dikatakan kehandalannya pasti meningkat,” ujar GM PLN Abdul Farid kepada wartawan usai bertemu dengan PB PON 2021, Kamis, (24/09/2020).

Lanjutnya kita juga sudah melakukan persiapan yang namanya back up dalam bentuk UVS besar dan juga ada dalam bentuk mobile genset, sehingga dengan skenario tadi mesinnya bisa cukup, jaringannya handal ditambah beck up, tentu pasokan akan handal.

“Kita juga akan menerapkan sistem otomatis berupa teknologi-teknologi yang kita pasang disitu sehingga peralihan operasi itu didesain otomatis seperti yang kita lakukan di Stadion Papua Bangkit. Titik-titik sudah kita identifikasi dan dari proses identifikasi tersebut kita sudah melakukan persiapan-persiapan terkait tiga hal tersebut yakni dayanya dicukupkan, jaringannya dihandalkan dan terus ditambah back up. Tiga poin itu yang kami yakin dapat mensukseskan PON XX nanti,” bebernya.

Untuk jaringan ke venue saat ini sudah masuk semua, dan yang kita kejar saat ini adalah peningkatan kehandalan. Untuk UVS, Mobile Genset, kabel bergerak, dan ada trafo bergerak ini yang akan digunakan untuk mengambil alih agar pasokan listrik tidak terganggu. Semua Klaster PON kita siapkan gensetnya berjumlah ratusan lebih dengan kapasitas yang beragam sesuai dengan kebutuhan venue. “Saat ini semua daya listrik di empat klaster tersebut sudah cukup, cuma kita bukan melihat kecukupan dayanya saja tapi kehandalannya juga,” terangnya.

Sementara itu Sekertaris PB PON 2021 Elia Loupatty mengatakan sesuai presentase yang disampaikan oleh GM PLN sudah sangat membahagiakan kami PB PON dan masyarakat Papua.

“Karena pasokan daya listrik sudah mencukupi dan tinggal ditingkatkan saja kehandalannya. Kami menyampaikan terima kasih dan berharap hingga penyelenggaraan nanti kami percaya dengan presentase yang dipaparkan oleh PLN, kami tidak ragu, dan kami berharap semua bisa berjalan terkendali dan PON bisa berjalan dengan lancar,” tutupnya… (GEIS)
-(REDAKSI-YP.2020)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *