Gunakan Busana Budaya adat Tradisional, Bupati Biak Numfor Kembali Pimpin upacara Penurunan Bendera

Bupati Biak numfor HeryArio Naap Saat Menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera Dihalaman Kantor Bupati Biak 17/08/2020 Sore

Jadi Inspektur Upacara HUT Kemerdekaan Ke-75, Bupati Gunakan Busana Adat Biak
YOUTEFAPOST.COM, -(BIAK-NUMFOR), -Senin 17 agustus 2020, Peringatan Upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik di pusatkan di Halaman Kantor Bupati Biak Numfor, Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd bertindak sebagai inspektur upacara pada saat peringatan detik-detik proklamasi diperingatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-75.
.
prosesi dan upacara penurunan bendera merah putih Bupati Biak Numfor

Tampak suasana penurunan Bendera Sang Saka Merah Putih di turunkan dengan sempurna oleh Pasukan pengibar bendera yang bertugas di sore hari
kembali bertindak langsung sebagai
inspekttur dan menggunakan busana khas Papua, dalam hal ini busana adat Biak. Selain Bupati, sejumlah pimpinan TNI dan jajaran anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta pejabat lainnya juga ikut menggunakan busana adatnya masing-masing, sesuai dengan daerah asalnya.
“Saya meminta jajaran pejabat dan pimpinan daerah menggunakan busana adatnya masing-masing sebagai bagian dari keberagaman di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tentunya, dan untuk mengingatkan kita kembali bahwa untuk mengisi kemerdekaan tidak bisa dilakukan satu orang saja, kita berbeda-beda namun tetap satu dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju kedepan, khususnya lagi di Kabupaten Biak Numfor,” ujar Bupati.
Bupati Herry Naap mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya lagi yang ada di Kabupaten Biak Numfor agar tetap mewarisi semangat para pahlawan dan para pejuang yang waktu itu merebut serta mempertahankan kemerdekaan. Semangat para pahlawan saat itu diharapkan dapat menjadi pemicu dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai karya dan inovasi untuk kemajuan pembangunan yang lebih baik kedepan.
“Para pahlawan dan para pejuang mereka rela berkorban harta bahkan nyawa untuk kemerdekaan, semangat itu perlu kita warisi, untuk mengisi kemerdekaan dengan semua elemen, bekerja keras bahu membahu untuk mewujudkan Indonesia maju,” ujarnya.
Tak hanya melakukan upacara dan penurunan bendera secara langsung di halaman Kantor Bupati Biak Numfor, namun Bupati dan jajaran Forkopimda, TNI/Polri dan pejabat lainnya juga mengikuti peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan serta penurunan bendera secara virtual dari Istana Merdeka. Saat itu, Bupati dan jajaran pimpinan TNI/Polri serta pejabat lainnya juga tampil dengan pakaian adat khas Papua.
Sekedar diketahui, sehari sebelum peringatan HUT Kemerdekaan juga dilakukan pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) sebagai rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-75 dilakukan langsung oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.M.Pd di Sasana Krida Kantor Bupati, Sabtu (16/8) malam.
Pengukuhan anggota Paskibra kali ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain dilakukan dalam suasana protokol kesehatan Covid-19, anggotanya juga sangat terbatas. Kalau sebelumnya anggota Paskibra berjumlah 76 orang maka kali ini jumlahnya hanya 6 orang. pengurangan paserta Paskibra itu tentu tidak terlepas dari bagian protokol kesehatan sebagai dampak dari Covid-19.
Adapun keenam anggota Paskibra di HUT Kemerdekaan ke-75 ditahun 2020 masing-masing; Kysara Aureldy, Yohanes Paulus N, Dimas Yawan, Floryan John Anton, Akhi F, I Putu Dedy S.
.
Bupati Herry Ario Naap menyampaikan kepada semua pihak bahwa bernegara sebagai suatu komitmen karena ini adalah proses kenegaraan. Untuk itu, Ia (Bupati) mengajak semua pihak memaknai perayaan HUT Kemerdekaan yang dilakukan setiap tahunnya, khususnya lagi di tahun 2020 dengan berbagai tindaka nyata dan mengisi kemerdekaan itu susuai dengan peran ataupun tugas masing-masing.
“Seperti kata yang ada pada proklamasi terlihat pendek tapi itulah komitmen karena arti dari proklamasi itulah yang sekarang kita harus kita lestarikan. Kita harus menyatukan tekad dan komitmen yang sama mengisi kemerdekaan ini dengan menggenjot berbagai program pembangunan, dengan terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa pada umumnya dan Kabupaten Biak Numfor khususnya,” ujar Bupati.(Sumber : Humas Pro Biak)
-(Editor : Sonnyyp.com)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *