Pemprov Papua Alokasikan Anggaran Covid 19 Sebesar RP 312 Miliar Untuk Penanganan dan Pecegahan

Foto Ilustrasi COVID 19 dan Uang

YOUTEFAPOST.COM,-(TIMIKA), – Pemerintah Provinsi Papua mengalokasikan anggaran sebesar Rp.312 Miliar untuk penanganan dan
pencegahan Covid-19 di wilayah itu.

Alokasi anggaran sebesar itu bersumber dari refocusing anggaran disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebesar Rp287 Miliar, dan
alokasikan dana tak terduga dari APBD Papua tahun 2020 sebesar Rp25 Miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Yohanis Walilo mengatakan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo melalui kementerian terkait, setiap provinsi diminta melakukan refocusing untuk mengoptimalkan anggaran penanganan dan pencegahan Covid-19 di daerah masing-masing.

Selanjutnya, kata Walilo, sesuai arahan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe dan kebutuhan yang diajukan Satgas Covid-19 Papua, anggaran sebesar ini dialokasikan untuk bidang kesehatan, ekonomi dan Jaring Pengaman Sosial (JPS).

“Rinciannya adalah Rp72 Miliar untuk bidang kesehatan, Rp75 untuk dampak ekonomi, dan Rp140 untuk Jaring Pengaman Sosial,” ungkap Walilo dalam keterangan pers di Jayapura, Rabu (29/4) malam.

Lanjut Walilo, khusus untuk alokasi Jaring Pengaman Sosial, anggaran sebesar Rp75 Miliar dialokasikan untuk bantuan dana segar untuk kabupaten/kota di Papua.

“Setiap kabupaten dapat Rp5 Miliar. Sementara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura masing-masing sebesar Rp2 Miliar,” pungkasnya.

Ia berharap, anggaran sebesar ini sudah bisa memenuhi semua kebutuhan dalam penangan Covid-19 di Provinsi Paling timur Indonesia Papua… ( Batt) SP.COM

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *