Posko Bantuan Bencana Penyebaran Pandemi Covid 19 Bagi Masyarakat Waropen Di salurkan Lewat Asrama Imawar Jayapura

Saat Berfoto bersama dengan para mahasiwa/i serta pengurus Asrama Imawar bersama pemda waropen

JAYAPURA, – (YOUTEFAPOST.COM),- Ditengah maraknya penyebaran Pandemi Covid-19 yang melanda dunia termasuk Provinsi Papua dan Kota Jayapura adalah daerah di Provinsi Papua yang jumlah pasien terjangkit virus covid-19 terbanyak dan terus meningkat, sehingga Pemerintah Provinsi Papua menaikan status Papua menjadi tanggap darurat Covid-19.

Akibat dari tanggap darurat covid-19, Pemerintah Provinsi Papua melakukan langkah-langkah pencegahan seperti Social Distancing, masyarakat wajip menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dan pembatasan akses bandara serta pelabuhan kapal laut dan lain sebagainya, sehingga masyarakat umum sangat merasakan dampak dari hal tersebut.

Melihat situasi ini, Imawar Kota Jayapura membuka Posko Stop Covid-19 Imawar Jayapura dengan tujuan menjadi sentral donasi penampungan bahan makanan serta Alat-alat Pelindung Diri (APD) yang kemudian akan di distribusikan secara merata kepada seluruh Mahasiswa Waropen yang masih bertahan di Kota Studi Jayapura. Selain itu Bahan Makanan Serta APD yang ditampung juga akan dibagikan kepada Sufado (Keluarga Besar) Waropen di Kota Jayapura seperti Janda, Duda dan Lansia serta yang membutuhkan.

Menurut Ketua Imawar Jayapura Dominngus Erari saat diwawancarai oleh media Online” saat pembagian Sembako atau bahan makanan di Posko Stop Covid-19 Imawar Jayapura, mengatakan bahwa memang pada tanggal 06 April 2020 Pemda Waropen (Bupati Waropen) telah merespon cepat situasi ini, dibuktikan dengan lewat Via telefon beliau menginstruksikan untuk mengumpulkan data mahasiswa serta melampirkan nomor rekening pribadi mahasiswa untuk disalurkan bantuan kemanusiaan kepada Mahasiswa Waropen di Kota Jayapura, dan semua data yang sudah dikumpulkan telah di kirim ke pemda Waropen pada tanggal 10 April 2020 serta sedang di verifikasi oleh Team Gugus Tugas Covid-19 Pemda Waropen untuk segera disalurkan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dominggus juga mengatakan bahwa karena situasi darurat dan adanya larangan berkumpul maka saya selaku ketua Imawar Jayapura membuat Rapim singkat dan menunjuk Sdr. Septian Yenusi (Bendahara Umum Imawar) menjadi Ketua Posko Stop Covid-19 Imawar Jayapura. Posko ini sudah dibuka pada tanggal 12 April 2020 hingga jangka waktu yang tidak ditetapkan selama masa pembatasan sosial ini berlangsung, Posko ini dibuka berdasarkan Inisiatif BPH-Imawar Jayapura sembari menunggu bantuan Kemanusiaan Pemda Waropen yang di kirim ke rekening pribadi masing-masing Mahasiswa Waropen. Setelah posko ini dibuka kita mendapatkan respon cepat dari Pemda Waropen melalui Wakil Bupati Waropen yang turun pada hari minggu tanggal 12 April 2020 untuk meninjau posko Imawar Jayapura secara langsung dan sekaligus memberikan donasi awal untuk belanja bahan makanan dan kelengkapan sekretariat. Selanjutnya pada tanggal 13 April Via Telephone Bupati Waropen juga merespon cepat dan memberikan tambahan donasi atas nama Pemda Waropen ke rekening team kerja posko yang telah dibentuk oleh BPH Imawar Jayapura.

Donasi yang telah disalurkan oleh Pemda Waropen sudah dikonfersikan oleh team kerja Posko Stop Covid-19 Imawar Jayapura menjadi bahan makan dengan target mahasiswa berjumalah 300 orang sesuai jumlah dana yang sudah disalurkan ke rekening posko. Kemudian bahan makanan tersebut telah di distribusikan pada tanggal 20 April 2020 kepada masing-masing Mahasiswa Waropen yang ada di Kota Jayapura. Bahan makanan tersebut diambil secara langsung oleh masing-masing Mahasiswa Waropen di Posko Stop Covid-19 Imawar Jayapura.

Ketua Imawar Jayapura menegaskan bahwa donasi Pemda Waropen yang masuk ke Posko Stop Covid-19 Imawar Jayapura dalam bentuk dana bukan merupakan pengalihan bantuan kemanusiaan yang datanya sudah diserahkan ke Pemda dan sekali lagi tidak ada pengalihan bantuan tersebut, masih tetap di proses dan sudah dintruksikan untuk ditransfer ke Rekening masing-masing Mahasiswa Waropen secara pribadi. Donasi yang masuk ke posko adalah untuk belanja bahan makanan karena BPH Imawar Jayapura sudah buka posko dan Pemda secara moril bertanggung jawab terhadap generasi penerusnya (Mahasiswa). Selain itu memang data yang dikumpulkan oleh Pemda untuk transferan uang bantuan kemanusiaan bukan hanya bagi mahasiswa Jayapura namun ada beberapa kota studi lainnya, jadi adik-adik Mahasiswa Waropen di Jayapura kalau bisa sabar menunggu transferan dimaksud.

Menurut Septian Yenusi (Ketua Posko), Kesulitan kami bekerja adalah kami sulit mendapatkan kebutuhan Alat-alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sabun cuci tangan dan sarung tangan yang sesuai dengan standar kesehatan sehingga belum sempat kami distribusikan ke Mahasiswa karena terjadi kelangkaan.

Dalam Kesempatan ini kami BPH Imawar Jayapura mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Waropen yang dengan cepat merespon situasi ini. BPH Imawar Jayapura menghimbau kepada semua mahasiswa waropen yang ada di Kota Jayapura untuk tetap dirumah dan mendengarkan himbauan pemerintah guna mencegah laju penyebarah virus Corona/Covid-19. (Sumber Pers Release : BPH Imawar Jayapura/redaksi yp com

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *