Informasi Terkini tercatat Hingga Pekan ini Wabah Covid 19 Di Papua Yang Meningal Dunia 7 Orang

foto laporan corona virus 19 Tahun 2020

JAYAPURA,—(YOUTEFAPOST.COM)),-Hingga Sabtu (18/4/2020) pukul 19.00 WIT, jumlah pasien yang meninggal akibat terpapar Corona Virus 2019 atau Covid-19 di Provinsi Papua belum berubah atau masih tetap 7 orang.
“Kami bersyukur kepada Tuhan, karena hampir satu pekan ini tak ada kasus kematian baru. Ini sudah ada peningkatan kearah yang cukup baik dan luar biasa,” jelas Jubir Satgas Pengendalian Pencegahan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dokter Silwanus Sumule, saat jumpa pers via Zoom Streaming Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua, Skyland, Kota Jayapura, Sabtu (18/04/2020).
Berdadarkan data hari ini, jumlah kasus positif kumulatif di Papua menjadi 95 orang atau bertambah 6 orang, dalam perawatan 69 orang, sembuh 19 orang dan meninggal 7 orang.
Dijelaskannya, tambahan 6 kasus positif Covid-19, masing-masing 4 orang di kabupaten Jayapura dan 2 orang kota Jayapura.
“Para pasien saat ini menjalani perawatan di rumah sakit di kota Jayapura,”katanya.
Kemudian jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 3507 orang, dimana sehari sebelumnya berjumlah 3532 orang atau berkurang 25 orang. Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 101 orang.
“Hingga hari ini kami sudah melakukan tes PCR sebanyak 467 sampel,” ungkapnya.
Dikatakannya, adapun rincian dari distribusi penyebaran penderita Covid-19 di Papua, yakni kabupaten – kabupaten yang sudah terdampak infeksi covid-19 ini sebanyak 9 kabupaten.
Sedangkan rincian penyebaran Covid-19 masing – masing kota Jayapura 28 kasus positif dengan 18 dirawat, 7 orang sembuh dan 3 meninggal.
Mimika ada 24 pasien positif, 17 orang dalam perawatan, 4 dinyatakan sembuh dan 3 meninggal dunia.
Kabupaten Jayapura 21 pasien positif, 16 dirawat 2 orang diantaranya dirujuk ke kota Jayapura, 4 dinyatakan sembuh dan 1 orang meninggal dunia.
Kabupaten Merauke, 9 kasus positif, 5 masih dalam perawatan dan 4 dinyatakan sembuh.
Kabupaten Keerom jumlah positif 4 kasus positif dan semuanya menjalani perawatan dan dirujuk pada beberapa rumah sakit di kota Jayapura dan kabupaten Jayapura.
Kabupaten Sarmi tiga pasien positif dan ketiganya dirujuk ke rumah sakit di Kota dan Kabupaten Jayapura.
Kabupaten Mamberamo Tengah ada 1 pasien dan masih menjalani perawatan di RSU Wamena.
Sementara untuk Kabupaten Jayawijaya terdapat 2 kasus dan masih menjalani perawatan. Nabire 3 kasus positif dan ketiganya dalam perawatan.
“Ke- 69 pasien positif ini sedang menjalani perawatan dan semuanya berada dalam kondisi sakit ringan dan sakit sedang,” tuturnya.
Ia mengharapkan, kondisi ini tetap bisa dipertahankan hingga dinyatakan sembuh dengan dua kali pemeriksaan rapid test.
Untuk itu, katanya, ia berharap tetap bergandengan tangan menjaga Provinsi Papua tetap dalam kondisi yang kondusif.
Masyarakat tetap mengikuti ketentuan protokoler yang sudah ditetapkan pemerintah.
Menurutnya, pihaknya memberikan perhatian khusus kepada kabupaten Nabire dan kabupaten yang berada di wilayah Mee Pago.
Ia berharap adanya kerjasama yang erat antara kabupaten – kabupaten di wilayah Mee Pago, yakni Nabire, Paniai, Dogiyai, Deiyai dan Intan Jaya.
“Kalau Tuhan berkenan penyakit ini hanya ada di Nabire dan jangan bergerak ke atas. Hal yang sama juga di wilayah La Pago cukup di Mamberamo Tengah dan Jayawijaya serta tak menyebar di kabupaten sekitar,” ungkapnya.(Redaksi YP.COM)

foto laporan corona virus 19 Tahun 2020

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *