Dikampung Bumi Sahaja SP2 Distrik Yapsi kabupaten Jayapura Aparat TNI Bentrok dengan Warga Sipil Papua

FOTO ILUSTRAS BENTROKAN TNI DAN WARGA SIPIL


JAYAPURA, -(YP.COM), -Keributan dan pertengakaran Yang Berujung Penganiayaan Yang Terjadi Pada Posko Relawan Satgas Covid 19 Oleh Anggota TNI Kompi Senapan B Yon 756 WMS Terhadap Masyarakat Anggota Relawan Satgas Kampung covid 19 Di Kampung Bumi Sahaja Distrik Yapsi Kab. Jayapura
Pada hari Selasa tanggal 14 April 2020, sekitar pukul 13.30 wit, bertempat di posko relawan satgas covid 19 kampung bumi sahaja telah terjadi keributan yang berujung penganiayaan oleh sekelompok anggota TNI Satuan Kompi Senapan B Yon 756 WMS terhadap Masyarakat (anggota posko relawan satgas covid 19).

Adapun kronologis kejadian sbb :
Pada hari Selasa tanggal 14 April 2020 pukul 06.00 wit, Masyarakat anggota relawan satgas kampung covid 19 yang berjumlah 13 orang sedang melakukan penyemprotan cairan desinfektan terhadap kendaraan yang akan masuk ke kampung bumi sahaja.

Sekitar Pukul 09.30 wit, 2 (dua) orang oknum anggota TNI berboncengan menggunakan motor Yamaha Vixion melintas masuk ke kampung bumi sahaja didepan posko tetapi tidak berhenti kemudian masyarakat yang sedang berjaga di posko meneriaki anggota tersebut dengan kata “Woi Berhenti” namun pengendara motor tersebut tidak berhenti.

Sekitar Pukul 11.00 wit, selanjutnya 2 (dua) orang anggota anggota TNI kembali melintas arah keluar dari kampung bumi sahaja dan pada saat tiba didepan posko masyarakat relawan yang ada di posko memberhentikan kedua anggota tersebut dengan kata kata ” berhenti dulu” kemudian dijawab oleh salah satu anggota TNI yang dibonceng dengan kata kata ” saya bukan dari kota” kemudian di tanggapi oleh masyarakat relawan dengan kata kata ” mari semprot dulu” dan kedua anggota TNI tersebut langsung menjalankan motornya kemudian diteriaki oleh salah seorang relawan posko an. Waniron Kogoya dengan kata kata ” Woi Woi bangsat ini” kemudian kemudian ditanggapi oleh salah seorang anggota TNI yang di bonceng dengan kata ” Iyo ko tunggu sudah sebentar saya balik” sambil menjalankan motornya.

Sekitar Pukul 13.30 wit, Sekelompok anggota TNI Kompi B Batalion 756 wms datang ke posko relawan dengan menggunakan Kendaraan Truck Dinas yang berjumlah sekitar 11 orang berpakaian preman turun dari mobil dan mencari masyarakat relawan dengan mengeluarkan kata kata ” siapa yang teriak teriak tadi” kemudian dijawab oleh masyarakat relawan dengan kata kata ” kami tidak tahu karena kami sift jaga kedua” kemudian salah satu anggota TNI melihat salah seorang relawan yang duduk di dalam posko an. Isak Udam kemudian mengatakan ” ah itu dia ” kemudian beberapa anggota TNI kemudian melakukan penganiayaan terhadap masyarakat relawan an. Isak Udam kemudian salah seorang masyarakat relawan melerai dan anggota tersebut berhenti menganiaya mayarakat relawan tersebut, kemudian datang seorang masyarakat relawan an. Yakob Yansip dan mengatakan ” ambil gambar ” kemudian beberapa anggota TNI kemudian menuju ke masyarakat relawan an. Yakob Yansip dan melakukan penganiayaan sambil berkata “ambil gambar gambar apa” kemudian beberapa anggota TNI melihat salah seorang masyarakat an. Otis Trapen yang berada tidak jauh dari posko sedang mencabut kayu pagar karena tidak terima teman temanya dianiaya selanjutnya beberapa orang anggota TNI kemudian menuju ke masyarakat an. Otis Trapen dan melakukan penganiayaan selanjutnya sekelompok anggota TNI kembali ke mobil dan melanjutkan perjalanan masuk ke kampung bumi sahaja arah ke SP5 kampung takwa bangun.
Sekitar Pukul 14.00 wit, Masyarakat relawan selanjutnya melaporkan hal tersebut pospol yapsi Polsek kaureh yang diterima oleh anggota jaga Brigpol Piter Kromsian dan melaporkan hal tersebut kepada Kapolsek Kaureh.
Sekitar Pukul 14.30 wit, Danki B Kompi 756 WMS Kapten Inf. T. Panjaitan bersama Danton Letda Inf Edi Cahyono bersama Kapolsek Kaureh AKP Rozikin, SH tiba di posko relawan menenangkan masyarakat dan meminta agar permasalahan tersebut di mediasi Pospol Yapsi SP 2 kampung bumi sahaja.(redaksi yp.com)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *