Gubernur Papua : Tidak Ada Lockdownd Papua Siaga Darurat Pandemi Covid-19

FOTO RAPAT BERSAMA PARA BUPATI DAB WALIKOTA SE PROVINSI PAPUA

Tidak Ada Lockdownd Papua Siaga Darurat Pandemi Covid-19

JAYAPURA,-(YOUTEFAPOST.COM), – Gubernur Papua, Lukas Enembe menegaskan bila pemerintah daerah Papua tidak akan melakukan Lockdown terkait pencegahan penyebaran virus corona di Papua.

Hal tersebut di tegaskan Gubernur Lukas Enembe usai menggelar rapat bersama Forkopimnda dan Bupati/Walikota Se-Provinsi Papua yang yang di gelar di Gedung Negara, Selasa siang, (24/03/20) .

“Tidak ada lockdown, hanya pembatasan sosial saja, memblokir penyebaran orang datang dan pergi kita tidak bisa lagi ke Jakarta, bahkan orang dari Jakarta dan daerah lain tidak boleh masuk membawa Virus itu ke Papua. Dan semua itu juga akan dilakukan sesuai wilayah adat seperti Mepago, Lapago dan Animha karena rawan, “ Kata Gubernur kepada Pers.

Dijelaskan Lukas bila Pembatasan sosial yang di maksud adalah melarang untuk sementara waktu orang masuk ke Papua, baik lewat jalur udara maupun laut.

“Untuk transportasi barang boleh masuk, manusia yang tidak boleh masuk. Kita batasi itu karena kita di Papua sudah 2 positif Virus Corona, kita harus mebekan angka itu karena perlatan medis kita sangat terbata “ ungkapnya.

Gubernur Lukas Enembe mengatakan pembatasan Sosial di Papua akan mulai berlaku sejak hari Kamis, 26 Maret 2020 hingga tanggal 9 april 2020 atau selama 14 hari.

“Peraturan ini mulai berlaku hari kamis hingga 14 hari kedepan, nanti setelah itu kita lihat perkembangannya. Apabila masih dalam keadaan darurat Covid-19 kita akan perpanjang itu kedepan tapi akan lihat dari kondisi saat ini “bilangnya.

Diakui Gubernur Lukas bila langkah ini terpaksa diambil pemerintah Papua mengingat sudah di temukannya dua pasien yang positif Covid-19.

“Langkah ini kami ambil karena sudah ada yang positif di Papua tepatnya di Kabupaten Merauke dan disana sudah dijadikan daerah kejadian luar biasa (KLB) kemaren itu kan belum positif, sekarang sudah ada dua orang yang positif maka kita ambil langkah ini, “ terangnya.

Hingga saat ini Status Papua terkait Pandemi Covid-19 masih siaga darurat. (“REDAKSI YP.COM/GM)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *