Hati hati Dengan Virus Corona Masuk Papua, dan Mempagaruhi Atlit PON XX 2020

foto saat antisipasi Orang Yang masuk di Papua

JAYAPURA, – (YOUTEFAPOST.COM), -Cegah pasien yang terkena Virus Corona di Papua, Rumah Sakit Umum Daerah RSUD Jayapura menyiapkan ruang khusus isolas Virus Corona.

Kepala RSUD Jayapura, dr. Aloysius Giyai mengatakan ada tiga rumah sakit yang ditetapkan menjadi rujukan Suspect Virus Corona di Papua. Ketiganya yakni RSUD Jayapura, RSUD Merauke, dan RSUD Nabire. Kini, masing-masing rumah sakit tengah mempersiapkan ruang isolasi lengkap dengan peralatannya.

Sejak Hebohnya Virus Corona yang saat ini Sudah mulai masik Indonesia, pihak Dinas Kesehatan Provinsi Papua telah melakukan rapat koordinasi lintas sektor untuk menanganinya. RSUD Jayapura sendiri menjadi rujukan, dan RSUD Merauke serta Nabire,” kata Aloysius yang juga menjabat Pelaksana tugas Kepala dinas kesehatan provinsi papua.

Alo mengatakan, jika saat ini Tim khusus penanganaan Virus Corona telah dibentuk di tiga rumah sakit yang menjadi rujukan di Papua. Tim ini terdiri dari dokter spesialis penyakit dalam seperti paru-paru, anestesi dan jantung. Selain itu, dokter anak dan gizi serta radiologi.

Tim ini diketuai oleh dokter ahli paru, karena berkaitan dengan pnemoni (radang paru,red). Anggotanya beberapa spesialis penyakit dalam. Tim ini akan selalu melakukan pertemuan,”Ucap Alo.

Ia menambahkan Peratalan, masker dan alat pelindung diri seperti baju sudah kami siapkan 20 pasang. Kalau pasien nanti melampaui target pasien maka akan kami koordinasikan dengan Dinkes Provinsi dan pihak terkait soal penambahannya,” lanjutnya.

Kami sangat menggapresiasi pihak KKP yang telah memblokade pelabuhan laut dan bandara serta batas negara. hingga sampai saat ini kita sudah deteksi dan seterusnya,” ujarnya.

Meski demikian, mantan Direktur RSUD Abepura itu mengaku, jika ruang isolasi Suspect Virus Corona di RSUD Jayapura masih dalam proses pembenahan. Dulunya ruangan khusus ini digunakan sebagai ruang isolasi bagi pengidap Virus Flu Burung.

Ketua Tim Penanganaan Virus Corona RSUD Jayapura, dr.Victor Paulus mengatakan, ruang isolasi Virus Corona siap digunakan mulai dua Minggu mendatang. Pihaknya masih membenahi ruangan tersebut serta fasilitasnya, sebagaimana standart yang ditetapkan WHO

Untuk itu kita imbau agar masyarakat menjaga hidup sehat. dengan Selalu cuci tangan dan hindari bepergian ke negara yang dinyatakan rawan Virus Corona atau daerah terkenah virus itu,” Ujarnya.

Victor menghimbau pada masyarakat agar melaporkan kepada RSUD Jayapura atau klinik terdekat, apabila ada anggota keluarga atau tetangganya yang mengalami gangguan pernafasan akut disertai demam tinggi. Sebab, hal tersebut merupakan indikasi Virus Corona.(Redaksi: Editor YP.com)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *