Barang Jalan Biasa, Kepala BPSDM Papua Aryoko Rumaropen telah Mengirim Biaya Beasiswa Otsus Kepada Mahasiswa Papua Yang Berstudy Di Amerika

Caption foto: Kepala BPSDM Papua Aryoko Rumaropen didampingi Staf dan Branch Operation Manager Bank Mandiri Cabang Jayapura usai Memproses Pengiriman Beasiswa Mahasiswa Papua di Bank Mandiri, Kamis pagi. (Foto: BPSDM/ist)

Caption foto: Kepala BPSDM Papua Aryoko Rumaropen didampingi Staf dan Branch Operation Manager Bank Mandiri Cabang Jayapura usai Memproses Pengiriman Beasiswa Mahasiswa Papua di Bank Mandiri, Kamis pagi. (Foto: BPSDM/ist)

Kepala BPSDM Papua : Pemprov Pastikan Beasiswa Otsus Dikirim Hari Ini

JAYAPURA-(YOUTEFAPOST.COM),- Pemerintah Provinsi(Pemprov) Papua memastikan hari ini beasiswa Otonomi Khusus dan biaya hidup mahasiswa Papua yang berada di dalam negeri dan luar negeri dibayarkan.

Hal itu dikatakan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Papua, Aryoko AF Rumaropen,SP.MEng dalam keterangan persnya, Kamis (6/2/2020) di Jayapura menginteraksi pemberitaan media terkait belum dibayarnya biaya studi dan biaya hidup mahasiswa Papua di Amerika dan Kanada.

“Seluruh biaya hidup mahasiswa baik dalam maupun luar negeri periode bulan Januari sampai dengan Maret 2020 dan biaya studi ke beberapa universitas, sementara di proses pada saat ini Kamis 06 Februari 2020 sampai hari Jumat 07 Februari 2020,”ungkap Aryoko .

Dikatakan Rumaropen sesuai dengan arahan Gubernur dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua maka semenjak proses restrukturisasi birokrasi dan pelantikan yang dilangsungkan tanggal 27 Januari 2020, pihaknya langsung bekerja menyiapkan berbagai dokumen dan administrasi pembayaran biaya studi dan biaya hidup mahasiswa Papua.

Lebih lanjut Kepala BPSDM mengatakan belum terbayarnya biaya studi dan biaya hidup mahasiswa Papua karena tagihan dari pihak universitas ke Pemprov Papua baru masuk bulan Januari. Sementara di bulan tersebut, terjadi restrukturisasi birokasi di Pemprov Papua sehingga kewenangan mengelola beasiswa belum diserahterimakan.

“Biaya pendidikan yang belum terbayar itu karena tagihan ke pemerintah Papua terjadi di bulan Januari. Kemudian khusus untuk biaya hidup memang menunggu pelantikan pejabat berwenang dan penyerahan dokumen anggaran 2020,”katanya sembari menambahkan bahwa tagihan dari universitas lain yang sudah dimasukan sejak bulan Desember telah dibayarkan oleh pemerintah.

Khusus pembayaran biaya pendidikan dan biaya hidup di beberapa universitas di Amerika Serikat (AS) dan Kanada, Rumaropen menjelaskan hal itu disebabkan keterlambatan pengiriman tagihan dari beberapa universitas di AS dan Kanada yang baru masuk pada awal bulan Januari sehingga harus menunggu mekanisme proses keuangan yang sementara berjalan.

“Yang pasti, setelah pelantikan pejabat dilingkungan Provinsi Papua. Pemerintah langsung bekerja. Dan sejak minggu ini, kami langsung memproses pembayaran. Hari ini (Kamis) hingga Jumat pembiyaan diproses,”ungkapnya.

Sementara itu, Branch Operation Manager Bank Mandiri Cabang Jayapura, Yayi K. Wardhani yang hubungi Kamis sore mengakui bahwa proses pembayaran beasiswa, biaya studi dan biaya hidup mahasiswa Papua yang berada didalam maupun luar negeri sudah diproses sejak hari ini.

“Sudah diproses. Untuk beasiswa bagi mahasiswa yang didalam negeri, Kamis sore ini sudah bisa diterima dan sedangkan untuk diluar negeri paling lambat Jumat besok,”ungkapnya

Yayi Wardhani mengemukakan bahwa proses pengiriman beasiswa mahasiswa didalam maupun luar negeri melalui Bank Mandiri mendapat layanan dan perhatian khusus. Oleh karenanya, dia memastikan pengiriman beasiswa tepat waktu. ( EDITOR : SONNY .R)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *