Dubes Jepang Dan Sekjen KKP RI Diagendakan Akan Datang Di Biak Lakukan Peletakan Batu Pertama Proyek Rp. 27 M

Bupati Biak Hery Ario Naap


BIAK NUMFOR,-(YOUTEFAPOST.COM),-Petakan Batu Pertama Pada Proyek Rp. 27 M. Peletakan batu pertama pembangunan Pasar Ikan Bosnik direncanakan akan dilakukan tanggal 20 Februari 2020 mendatang. Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi diagendakan akan melakukan peletakan batu pertama proyek bernilai kurang lebih Rp. 16 miliar itu.
Selain Dubes Jepang, juga diagendakan mmelakukan peletakan batu pertama adalh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kalautan dan Perikanan (KKP) Ir. Nilanto Perbowo, M.Sc dan Bupati Biak Numfor Herry A. Naap, S.Si.,M.Pd serta sejumlah pejabat lainnya.
“Surat pemberitahuan kehadiran Dubes Jepang untuk Indonesia dan Sekjen Kemenkes dipelatakan batu pertama pembangunan Pasar Ikan Bosnik telah kami terima,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Biak Numfor Efendi Igirisa, S.Pi.,MM.
Seperti yang beberapa kali telah disampaikan bahwa, pembangunan Pasar Bosnik juga akan dilakukan revitalisasi Pasar Ikan Fandoy dan pembangunan dermaga di Pasar Ikan Fandoy bagi nelayan dengan total semua proyek secara keseluruhan (termasuk Pasar Ikan Bosnik) kurang lebih Rp. 27 milyar.
Lelang proyek yang dibiayai oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) hampir rampung. Bantuan JICA melalui Official Development Assistance (ODA) masuk di program tahun 2019 melalui KKP.
Pembangunan proyek tersebut merupakan bagian dari sarana penunjang program Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di wilayah Kabupaten Biak Numfor. “Jadi program ini merupakan bantuan dari JICA dan diberikan melalui KKP, oleh karena itu Dubes Jepang rencananya akan hadir langsung,” tandasnya.
Dikatakan, program kemitraan JICA merupakan suatu program dukungan pengembangan sector perikanan di Indonesia melalui KKP, dan salah satunya ada di Kabupaten Biak Numfor. Pembangunan SKPT sendiri di berbagai daerah bertujuan untuk mengembangkan jaringan konektivitas sehingga menjadi langkah KKP dalam menyusun rencana aksi pembangunan industri perikanan nasional(Sumber : Humas Pro Biak/ Editor SONNY)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *