*MEMBERI TANPA MERASA RUGI*

Burung Pipit dan Buah-buahnya


“RENUNGAN AWAL TAHUN 2020”
YOUTEFAPOST.COM

Amsal 11:24-25, Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya. Ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.
Adakah sesuatu yang diberikan kepada orang lain namum tidak mengurangi kepemilikan si pemberi? Jawabannya adalah ilmu pengetahuan. Trevor Mundel, Presiden Program Kesehatan Global dari Yayasan Bill & Melinda Gates menyatakan bahwa fokus Gates Foundation pada peningkatan kesehatan bagi orang-orang miskin di dunia, tidak menempatkan prioritas tinggi hanya pada penelitian yang diperlukan untuk pemberian obat atau vaksin.

Tetapi juga pada pengumpulan data untuk kemudian dibagikan kepada para ilmuwan dan pakar kesehatan sehingga mereka mendapatkan manfaat dari pengetahuan ini. Dengan demikian mereka dapat mengembangkan pengetahuan ini bagi peningkatan kehidupan yang lebih baik.

Ilmu adalah hal yang dapat kita berikan kepada orang lain tanpa mengurangi nilai kepemilikan kita terhadap ilmu itu sendiri. Sayangnya banyak orang yang “pelit ilmu” hanya karena takut ketenarannya tersaingi, bisnisnya diserobot, posisinya direbut, dan sebagainya.

Secara duniawi ketika kita memberikan sesuatu kepada sesama memang kita akan kehilangan sesuatu yang kita miliki. Namun matematika Tuhan tidak sama seperti matematika duniawi. Ingat kembali bahwa apapun yang kita lakukan hendaknya dilandaskan dengan kasih.
Dengan adanya kasih, maka kita akan lebih mudah berbagi.

Bacaan Alkitab hari ini juga mengingatkan kita bahwa ketika kita memberikan apa yang kita miliki dengan hati yang tulus, maka kita akan berlimpah sukacita yang tidak dapat tergantikan.

Waktu kita sangat singkat di dunia, kita harus sadar akan keterbatasan kita dan memakai hidup kita dengan sebaik-baiknya untuk memuliakan Tuhan dengan apa yang kita miliki, termasuk membagikan ilmu kita.

Pergunakan apapun yang kita miliki, termasuk ilmu kita untuk memuliakan nama Tuhan.

Sharing knowledge is the most fundamental act of friendship, because it is a way you can give something without losing something.”
—By : Richard Stallman

============================
Disahre oleh : Lien Tamnge-Maloali

Thanks to Cynthia Mumu

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *