Kuasa Hukum Bantah Pemberitaan Media Online Tanpa Fakta Terkait BPKAD Keerom

foto kuasa Hukum Bapak Jack Arim

JAYAPURA, -(YOUTEFAPOST.COM), – Bantahan atas penyampaian berita yang disebarluaskan oleh media online kabardaerah.com Papua pada tanggal 18 November 2019 yang diberikan judul beritanya adalah “BARAPEN Minta Jack Arim di BPKAD Keerom Segera Diganti”.

Yulianus Yansens P, SH., selaku Kuasa Hukum dari Yohanes Patrick Arim, A.Md.Keu, yang menjabat sebagai Kasubag Pengendalian APBD pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Keerom membantah dengan tegas mengenai isi dan pemberitaan yang tidak benar dan tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya serta juga mengenai penyebaran berita tersebut yg tidak berpedoman pada UU Pers No.4 Tahun 1999 dan kode etik jurnalistik, sehingga pemberitaan tersebut terkesan dipenuhi fitnah dan hoaks.

“Proposal permohonan bantuan dana yang disampaikan oleh sdr Edison Suebu atas nama LSM BARAPEN telah dijawab dan dicairkan serta telah diberikan dana tersebut kepada yang bersangkutan,” ujar Yulianus Yansens P, SH., selaku Kuasa Hukum.
Dikatakan, bahwa selanjutnya mengenai tuduhan sdr.Edison Suebu mengenai adanya keluhan dari masyarakat dan pegawainya sendiri tentang kinerja Jack Arim, sekali lagi kakmi sangat membantahnya dengan tegas.
“Karena kinerja pak Jack Arim selama ini baik – baik saja dan tidak pernah ada masyarakat atau pegawainya yang menyampaikan keluhan mereka, secara langsung baik itu secara lisan maupun tulisan kepada pak Jack Arim sendiri ataupun yang ditujukan kepada Kepala BPKAD Kabupaten Keerom selaku pimpinan langsung dari pak Jack Arim,’ jelasnya.

Dikatakan, mengenai pernyataan sdr. Edison Suebu yang melihat pak Jack Arim sedang bermain kartu di ruangan kantornya, jelas merupakan berita fitnah da tanpa bukti yang akan kami tindaklanjuti penyelesaiannya secara hukum.
“Bahwa kami sangat berkeberatan terhadap tindakan media online kabardaerah.com yang telah menulis keterangan tanpa bukti dari sdr. Edison Suebu dan kemudian menyebarkannya secara online untuk dibaca dan diketahui masyarakat secara umum, tanpa sekalipun meminta klarifikasi dari pihak pak Jack Arim,” ungkapnya.

Ditegaskan, bahwa pihaknya tidak tau apa yang mendasari tindakan media online kabardaerah.com tersebut, apakah karena kedekatan antara mereka atau karena adanya kepentingan yang sama, kami tidak mengetahuinya.
“Namun tindakan media online kabardaerah.com tersebut telah melenceng jauh dari UU Pers No.40 Tahun 1999 serta Kode Etik Jurnalistik yang antara lain mengatur agar jurnalis atau wartawan haruslah Bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang, dan tidak beritikad buruk;
“Selanjutnya juga harus selalu menguji informasi, memberitakan secara berimbang, tidak mencampurkan fakta dan opini yang menghakimi, serta menerapkan asas praduga tak bersalah dan Tidak membuat berita bohong dan fitnah,” tuturnya membaca ayat kedua dan ketiga tersebut.

Disampaikan, bahwa faktanya: kabarpapua.com tidak pernah memberikan kesempatan kepada pak Jack Arim untuk menyampaikan hak jawabnya agar kemudian didapat berita yang berimbang.

“Oleh karena itu kami menyatakan sikap kami untuk membantah segala berita tanpa bukti yang disebarkan tersebut.

“Selain itu juga, kami menghimbau kepada sdr. Edison Suebu selaku perwakilan LSM Barapen dan juga media online kabardaerah.com papua untuk segera menyelesaikan secara kekeluargaan tuduhan mereka yang tidak didasari bukti tersebut, sebelum dari pihak kami mengambil tindakan penyelesaian secara hukum yang berlaku,” tandasnya. (Editor : SONNY)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *