Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Science » Uncen gelar lokakarya Pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian

Uncen gelar lokakarya Pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian

(93 Views) November 13, 2019 1:50 am | Published by | No comment

JAYAPURA,(12/10/19) -(YOUTEFAPOST.COM),- Bertempat Ruang pertemuan Aula Rektorat lantai Lima Lokakarya Pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian. dibuka Dalam Sejarah Pendidikan Tinggi Di Tanah Papua Uncen yang lahir pada Tanggal 10 November 1962 dengan Kepress RI No.389 Tahun1962 dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Ketatanegaraan dan Ketataniagaan, Fakultas Peternakan dan Pertanian yang kini sudah dimekarkan menjadi Universitas Papua Berlokasi Di provinsi Papua Barat yang berada di Kota Manokwari, Tahun 1964 Fakultas Kehutanan, Pertanian dan peternakan Menjadi Faperta Uncen Di Manokwari.
Pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Cenderawasih dilasanakan dalam rangkaian kegiatan Mensyukuri hari jadinya Uncen yang bertepatan jatuh pada tanggal 10 November 2019 kemarin.
Pada Puncak acara tersebut Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Uncen, Menggelar Lokakarya Pendirian dan Pembukaan Fakultas Pertanian dengan Motto : One Student one Product, dengan Visi Menjadi lembaga Pendidikan Tinggi berkualitas di bidang teknologi pertanian untuk menghasilkan tenaga trampil yang berdedikasi tinggi dalam berinovasi untuk mendukung Kedaulatan Pangan berwawasan ramah lingkungan.
Misi Fakultas Teknologi Pertanian : Realisasi visi Fakultas teknologi Pertanian akan tercapai pada kurun waktu 2020-2025, misi yang telah dirumuskan dan akan dijalankan adalah Menyelenggarakan Pendidikan tinggi dibidang Pertanian dalam Ilmu teknologi pertanian yang berkualitas dan berintegritas,Mengahasilkan tenaga ahli yang mampu berinovasi dibidang Pemanfaatan dan pelestarian hasil pertanian dengan teknologi terkini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan Pemerintah dalam meningkatkan nilai gizi dan ekonomi hasil pertanian secara efektif dan Efisien,Menjalin kerjasama dengan institusi lain ditingkat nasional,regional, dan Internasional untuk penelitian dan pengembangan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan ahli teknologi pertanian dan Menerapkan hasil Pengkajian Dan Inovasi baru dibidang teknologi pangan untuk menigkatkan kemampuan Masyarakat dalam memanfaatkan dan melestarikan sumber daya hayati hasil pertanian dalam upaya mencapai kedaulatan pangan yang berwasan ramah lingkungan.
Menurut rencana Prodi yang akan dibuka adalah Teknologi Benih, Teknologi Mekanisasi Pertanian Agrobisnis, Teknologi Pengemasan produk pertanian, Teknolgi Pangan dan Teknologi Komunikasi pertanian serta Teknologi Tanaman Hortikultura.
Daya Dukung PTN Uncen terakreditasi B BAN –PT 2015
Regulasi Opresional Normal Rasio Dosen/ Mahasiswa 1:31 S1 profesi 23 dosen, S2 473 dosen dan S3 160 orang.
Aseet tanah Uncen 2.193.883 m2, yang Terpakai 558.077,97 m2 Free 1.635.805,03 m2, Dana operasional DIPA Uncen, B OPTN,Stakeholder ( Pemda Papua,BUMN dan BUMSN), Sarpras Dasar mencukupi.
Dalam kesempatan itu pada komprensi pers bersama 4 orang nara sumber diantaranya Pembantu Rektor IV Bidang kerjasama Dr. Fredrik Sokoy, S. SOS, M. SOS, Wakil Bupati Keerom Pitter Gusbagger, Dosen Fakultas Teknik Bapak DR. Tri Gunaedi, M. Si, dan Bapak Prof.Dr. Ir Slamet Budijanto, Magr, dosen IPB Bogor.
Menurut Pembantu Rektor IV Bidang Kerjasama Bapak Fredrik Sokoy, , pihaknya akan menyusun Tim Yang khusus untuk pembentukan fakultas dalam rapat senat mereka akan memutuskan bahwa fakultas ini yang akan hadir setelah Fakultas Keolahragaan dengan demikian setelah keputusan itu maka Tim akan Bekerja, Ujarnya.
Ditempat yang sama mewakili Pemerintah Papua Bapak Wakil Bupati Piter Gusbager,S.HUT, MUP Ia menilai Sangat Positif dan ini Wajib didukung karena salah tugas pemerintah karena ia meliahat Uncen sebagai salah satu Universitas ternama dan terdepan Yang banyak mengahsilkan sumber daya manusia dan melahirkan Universitas Papua (UNIPA), pertanian menjadi liding sektor berbasis era digital teknologi secara khusus di keroom sendiri mata pencaharian masyarakat sangat riil di bidang pertanian 60% tanaman menguasai Jumlah penduduknya, jadi pertanian adalah didukung dengan ilmu khusus jika hari yang harus di urus dengan cara-cara baru bukan yang lama karena dierah ini adalah erah teknologi digital, “lanjut, katanya jika sekarang uncen memulai wajib di dukung, tandasnya dengan satu tujuan Memajukan Pertanian Ditanah Papua secara khusus pemda keerom siap mendukung,Tambahnya saat ditanya tentang lahang yang sudah siapkan bukan pemerintah yang membrikan Lahan pertanian tetapi itu Masyarakat Yang memberikan Lahan, “Tandasnya.
Menurut Dekan Fakultas Teknik DR. Tri Gunaedi ,M.Si merasa senang sekali jika Fakultas ini dibuka Karena menurutya selama uncen sudah hilang fakultas pertaniannya Sejak Universitas Papua di Buka ( UNIPA) Ia Merasa bersyukur jika fakultas Teknologi Pertanian Mulai Dibuka Karena sangat Menolong Para petani-petani secara khusus dibidang Teknologi Digital Modern, “Harapnya.
Ditempat yang sama dalam komprensi pers bersama wartawan media cetak, online dan eletronik Dosen pengajar sebagai Guru Besar dari IPB Bogor Prof.Dr.Ir Slamet Budijanto,Mgr yang juga sebagai Vice Dean For Resources, Collabaration and Develoment Meneurutnya, Ini satu terobosan yang menarik kedepan karena Tanah papua mempunyai sumber daya alam yang bisa mengekspor ke luar negeri Uncen mempunyai Bidang antropologi dan sumber daya alam yang sangat besar oleh sebab sangat bermakna sekali jika fakutas Teknologi Pertanian Di Buka, Ia juga Menyebutkan bahwa di Indonesia sektor pertanian Yang sangat Menonjol adalah Pertanian Kelapa sawit dan terbisar di Indonesia, menyambut positif jika Fakultas Teknologi Pertanian Dibuka karena sudah sangat menolong dalam bidang sumber daya manusia dalam ini di bidang pertanaian berbasis Teknologi Digital. Dan sangat Bermakna, “Ugkapnya.
Lokakarya Pembukaan fakultas Teknologi Pertanian Dihadiri oleh Seluruh Dekan Pada setiap fakultas dan Pemerintah daerah berlangsung sehari yang di akhiri dengan konfrensi pers bersama empat nara sumber..(SONNY)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Uncen gelar lokakarya Pembukaan Fakultas Teknologi Pertanian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *