Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik, Hukum dan Kriminal » Bawaslu Kota Jayapura Gelar Bimtek ( Bimbingan Tehknis)

Bawaslu Kota Jayapura Gelar Bimtek ( Bimbingan Tehknis)

(119 Views) November 9, 2019 3:01 am | Published by | No comment


JAYAPURA, -(YOUTEFAPOST.COM),- Bimbingan Tekhnis Pengelolahan dan Pelayanan Informasi Publik /Kearsipan Dlingkungan Bawaslu di Kota Jayapura. digelar di Jayapura Bertempat Di hotel Green tallend kotararaja kali acai belum lama ini kegiatan tersebut belangsung dua hari 8-9 November 2019.
Dengan diundangnya Undang-undang14 Tahun 2008 Tentang keterbukaan Informasi Publik, Pemerintah Mulai Membuka kran Keterbukaan Informasi Bagi Masyarakat.
Masyarakat Memiliki ruang lebih terbuka untuk memperoleh informasi dari Badan Publik Pemerintahh Maupun Badan publik non Pemerintah. Keterbukaan Informasi ini sejalan dengan salah satu pilar utama reformasi, yakni Tranparansi.
Secara komprensif Undang-undang ini mengatur Kewajiban Badan/ Pejabat Publik dan Lembaga Masyarakat/Badan Publik Non Pemerintah lainnya untuk bisa memberikan pelayanan informasi yang terbuka, transparan dan Bertanggungjwab kepada Masyrakat Akar Rumput.
Berdasarkan hal tersebut, sehingga perlu dibangun infrastruktur pendukung pelaksanaannya.
Maka setiap badan publik sesuai dengan ketentuan undang-undang tersebut wajib untuk membentuk pejabat pengelola Informasi dan Dokummentasi (PPID).
PPID bertanggungjawab dibidang penyimpampanan, Pendokumentasian, Penyediaan,dan/Atau pelayanan informasi dibadan publik dan juga sesuai dengan amanat undang-undang no.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi publik perlu adanya PPID Bawaslu kota Jayapura yang memiliki fungsi sebagai pengelola informasi di kawasan Kota Jayapura dan sekitarnya dalam menjalankan UU PPID dan Peraturan pelaksanaannya, Menetatapkan pentunjuk tekhnis standar layanan informasi publik dan menyelesaikan sengketa informasi publik melalui mediasi dan ajudikasi non litigilasi.
Untuk meneunjan hal tersebut, maka diperlukan adanya bimbingan teknis maupun sosialisasi terkait pelaksanaannya secara kontinyu atau terus menerus yang dilakukan oleh PPID utama dengan didampingi komisi informasi Papua.
Dengan adanya Bimtek (Bimbingan Tehknis) dan sosialisasi secara Kontinyu diharapakan seluruh PPID dapat Memahami dan mengetahui tata cara maupun proses pelaksanaan Pelayanan Informasi kepada Masyarakat akar rumput sesuai dengan ketentuan Undang-undang.
Hal tersebut langsung disampaikan Oleh Ketua Bawaslu Kota Jayapura Dalam Membuka Bimtek kota Jayapura Frans Rumsarwir Kepada wartawan media online Youtefapost.com Kamis Pekan Kemarin.
lalu kata Ketua Bawaslu Kota Jayapura mengatakan bahwa perlu adanya pengelolahan Bimbingan teknis tersebut, Keberhasilannya perlu didukung oleh akselerasi pengembangan sumber daya informasi, agar masyarakat kota Jayapura dapat lebih muda mengakses informasi mengenai Bawaslu secara khusus, dan maupun infomasi kepemiluan secara Umum.
lebih lanjut Ketu Bawaslu kota Jayapura Frans Rumsarwir menegaskan bahwa sejalan dengan itu, Ketersediaan pengelolahan dan pelayanan informasi publik ini harus didukung dengan kemampuan sumber daya manusia dilingkungan Bawaslu Kota Jayapura dalam Melakukan Tata kelola kearsipan dan Dokumen, Ungkapnya….. ( laporan : SONNY RUMAINUM)>

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Bawaslu Kota Jayapura Gelar Bimtek ( Bimbingan Tehknis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *