Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Pemda Provinsi Papua » Wakil Bupati Biak Numfor, Segera Disiapkan, Roda Pemerintahan Harus Stabil

Wakil Bupati Biak Numfor, Segera Disiapkan, Roda Pemerintahan Harus Stabil

(79 Views) November 4, 2019 10:57 pm | Published by | No comment

Asisten I Doren : DPRD Kabupaten Biak Segera Bentuk Pansus Pemilihan Wakil Bupati

JAYAPURA,-(YOUTEFAPOST.COM),-Setelah dilantiknya Bupati Biak Numfor, Herry Ario Nap, pada 19 Maret 2019 lalu, hingga saat ini belum ada pendampingnya yakni Wakil Bupati. Padahal seorang Kepala daerah harus mempunyai seorang wakil yang membantu melaksanakan penyelenggaraan pemerintah bagi keberlangsungan pembangunan di suatu daerah.

Terkait hal tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Politik, sekretaris daerah provinsi Papua, Doren Wakerkwa, SH menegaskan, Bupati saat ini tidak bisa melakukan penyelenggaraan pemerintahan sendiri tetapi harus ada wakil bupati yang mendampingi, sehingga segera bentuk tim panitia khusus (Pansus) dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) kabupaten Biak untuk segera melakukan pemilihan wakil bupati Biak.

“Penyelenggaraan pemerintah di Provinsi Papua ini, 11 Kabupaten akan melakukan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Ada 11 Kabupaten di provinsi Papua. Di dalam pelaksanaan 11 Kabupaten ini waktunya sudah tidak terlalu lama. Oleh sebab itu seluruh Bupati, Wakil Bupati yang 11 Kabupaten itu, NPAD segala macam sudah menyiapkan yang terkait langsung dengan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati,” tegas Doren Wakerkwa, SH, Asisten Bidang pemerintahan dan politik sekda provinsi papua, usai memimpin apel pagi di halaman kantor Gubernur, Senin (4/11/2019).

“Kami minta supaya bentuk tim, Pansus pemilihan Wakil Bupati Biak, ini segera dilakukan. Tidak boleh lama-lama, khusus di Biak, pemilihan Wakil Bupati segera dilakukan. Kami sudah menyurat tapi mereka alasan ada sidang APBD dan mereka tudak hadir. Jadi minggu depan kita mengundang mereka lagi,” tegas Doren.

Doren mengungkapkan, bupati tidak bisa seorang diri sebagai single power memimpin satu pemerintahan, karena tantangan yang dihadapi nantinya sangat besar kedepan.

“Bupati dengan panitia pemilihan wakil bupati, pansus, yang siap oleh DPRD Biak dan semua yang terkait dengan membahas Wakil Bupati biak, kita undang mereka ke sini. Kami tidak tau alasan karena, kami tidak tau di Biak lama-lama, kami tidak tau, karena tidak bisa menghambat seorang diri sebagai Single Power untuk memimpin satu pemerintahan itu tidak bisa. Karena ini tantangan masalah berat untuk melaksanakan pemerintahan,” ungkap Asisten satu Doren Wakerkwa.

Menurutnya, Jika sampai undangan dari pemerintah provunsi diabaikan, maka akan ada warning bagi pansus DPRD Biak Numfor.

“Jadi Biak kami tidak lama lagi akan undang, supaya panitia pemilihan wakil Bupati Biak yang sudah berjalan berjalan sampai hari ini dan sudah 3,4 bulan lewat ini belum beres-beres dan belum selesai. Diharapkan dalam bulan ini harus selesai. Kalau tidak akan ada warningnya, sesuai undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Oleh sebab itu diharapkan Biak, pansus ini segera laksanakan. Gubernur sudah turunkan segera ambil langkah-langkah untuk pemilihan wakil bupati Biak,” tegasnya lagi.

“Karena ini sudah berapa bulan sejak kita lantik bupati sampai hari ini. Kami sudah menyurat tapi mereka sibuk segala macam kegaiatan APBD. Jadi tidak mau datang. Kami minggu depan kami akak undang, tetapi kami harap kalau kita undang Bupati beserta seluruh panitia pemilihan wakil bupati atau pansus DPR Biak juga hadir,” tutur Doren.

Jabatan Bupati ini masih ada 4 tahun lebih, sehingga penyelenggaraan pemerintahan yang utuh harus segera dilakukan. Mengingat, pelayanan kepada masyarakat, pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan harus dibantu oleh wakil bupati.

“Ya ini kan 4 tahun lebih dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan kemasyarakatan, pembangunan, Bupati harus dibantu oleh wakil bupati. Itu undang-undang 23 tahun 2014 pasal 566. Oleh sebab itu Bupati tidak bisa dan harus legowo, harus segera melakukan pemilihan. Karena ini memilih wakil kepala daerah. Oleh sebab itu Biak tidak bisa seorang single power untuk pimpim sendiri dan segera harus melakukan pemilihan,” papar Doren.( laporan: SW / Editor SR)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Wakil Bupati Biak Numfor, Segera Disiapkan, Roda Pemerintahan Harus Stabil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *