Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik, Hukum dan Kriminal » Kabupaten Asmat Gelar Orientasi Bagi Anggota DPRD Periode 2019-2024

Kabupaten Asmat Gelar Orientasi Bagi Anggota DPRD Periode 2019-2024

(89 Views) Oktober 31, 2019 3:17 am | Published by | No comment

JAYAPURA,-( YOUTEFAPOST.COM),- Rabu (30/10/19) Bertempat Di Horison Kotaraja Kabupaten Asmat telah Melaksanakan satu Kewajiban Penting dalam tata Pemerintahan dalam melaksanakan aturan dan Mekanisme Undang- undang dalam pengangkatan serta orientasi Anggota Legislatif sebelum melaksanakan kinerjanya dalam kantor perwakilan Rakyatnya.
Perlu di ketahui bahwa Ibu / Bapak Anggota Dewan Kabupaten Asmat yang mengikuti orientasi ini dari sekian banyak orang yang berkompetisi melewati proses panjang dan kriteria sangat ketat Bapak dan Ibu yang terpilih, dan tentunya Bapak dan Ibu yang Dipandang Baik oleh Rakyat.
Demikian yang di sampaikan pada sambutan Bapak Gubernur Papua yang dibaca oleh Asisten Satu setda Provinsi Papua Drs. Doren Wakerkwa, SH, Msi pada pembukaan Acara orientasi yang di gelar rabu kemarin.
Lanjut kata, Doren Bahwa dalam panggilan tugas ini Sangatlah Mulia, namun jika dibarengi pula dengan tanggunggjawab yang tidak ringan, Ujar Doren lanjut katanya Disadari bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yang terpilih, banyak anggota baru dan berbagai latar belaknag yang berbeda, selain itu juga banyak partai politik tidak sempat melakukan proses kaderisasi, membekali calegnya tentang politik,tugas dan fungsi DPRD. Maka Kebijakan nasional mensyaratkan semua Anggota DPRD Provinsi Maupun Kabupaten/kota sebelum melaksanakan tugasnya wajib mengikuti Orientasi, tandasnya.
Lanjut katanya Tujuan dari kegiatan Orientasi ini juga adalah menjalankan Permendagri RI Nomor 133 Tahun 2017 Tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dan Permendagri Nomor 14 Tahun 2018 Tentang Orientasi Dan Pendalaman Tugas Anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota, Guna untuk meningkatkan Pengetahuan, Kemampuan, Ketrampilan, sikap dansemangat Pengabdian Anggota DPRD dalam Melaksanakan Tugas Pemerintahan Daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Orientasi Juga merupakan salah satu hak dari anggota DPRD Baik Provinsi Maupun Kabupaten/ kota sebagaimana yang diamanatkan pada konstitusi, yakni pada pasal 107 dan 160 Undang-undang nomor 23 Tahun 2014.
Sementara dalam Pasal14 ayat (1) Peraturan Menteri dalam Negeri RI Permendagri) Nomor 14 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri RI Nommor 133 Tahun 2017 Tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Kabupaten /Kota Menerangkan Bahwa Orientasi hanya satu kali pada awal masa jabatan setelah Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD.
Dalam kesempatan itu Saat Ditemui Sekwan DPRD Kabupaten Asmat Semuel Tambay Mengatakan bahwa ada anggota Dewan yang lama ada 10 orang sedangkan yang baru ada 15 orang dan 1 orang inkanben dan perlu di ketahui bahwa DPRD Kabupaten Asmat telah Memenuhi Undang- undang Pemilih kouta Perempuan 30% Persen Dibandingkan dengan Kabupaten/ kota di Provinsi Papua Yakni ada 7 orang Anggota Dewan Perempuan dan merupakan bukti bahwa derajat perempuan juga sejajar dengan laki-laki hal ini mendapat apresiasi dari Asisten I setda Provinsi Papua Drs, Doren Wakerkwa, SH.M.Si pada Saat Membuka Dengan resmi kegiatan tersebut acara yang sama juga digelar oleh kabupaten Keerom dan Kabupaten Merauke Untuk Kota Jayapura Sudah Dilaksanakan lebih awal.
Kabupaten Asmat adalah kabupaten Yang mempunyai medan sangat berat bilau di jangkau karena melewati seribu satu macam tantangan baik lautnya dan sungainya dan mereka berjalan diatas papan karena hampir seratus persen rawa-rawa untuk itu Anggota Dewan Baru terpilih ini Diharapkan dapat menjalangkan Tanggungjawabnya kepada masyarakat yang memilih untuk Kesejahteraan bersama dan Membantu Bupati kepala Daerah Jangan banyak keluar Daerah Hanya untuk jalan-jalan, Tegasnya……..(SONNY.RUMAINUM)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Kabupaten Asmat Gelar Orientasi Bagi Anggota DPRD Periode 2019-2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *