Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Science » Uncen Gelar Bimtek Kearsipan

Uncen Gelar Bimtek Kearsipan

(60 Views) Oktober 17, 2019 11:22 am | Published by | No comment

JAYAPURA, ( YOUTEFAPOST.COM),- Kamis 17 Oktober Bertempat Di salah satu hotel berbintang yang berada di Kawasan Abepura Pelaksanaan Bimbingan Teknis dan Tata Kelola Kearsipan Dilaksanakan dengan suasana yang nyaman dan lancar yang dibuka langsung oleh rektor Universitas cenderawasih yang diwakili langsung oleh Pembantu rektor dua Prof. Dr. Arum, Lamba, M.Si yang di tandai dengan Pemukulan tifa. kegiatan tersebut Didahului dengan Doa dan dilanjutkan dengan nyanyian Hymne Kerasipa dan dilanjukan dengan Laporan Kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Bapak Roberth Fernandus, SH.
Keberaadaan Biro Administrasi Umum dan Keuangan adalah sebagai Pembina, Khususnya dalam pengelolahan administrasi Tata Persuratan dan Kearsipan yang rapi di masing-masing unit kerja sesuai dengan Tata Naskah Dinas dan Pedoman Kearsipan Kementriian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Kondisi Persuratan dan kearsipan di Lingkungan Universitas Cenderawasih saat ini belum sepenuhnya dikelola dengan baik di karenakan beberapa unit kerja belum menyadari akan pentingnya pengelolahan persuratan dan kearsipan yang baik dan benar,hasil identifikasi Permasalahan terjadi adalah : kurangnya Pengetahuan tentang peraturan Menteri Riset dan Teknologo, Dan Pendidikan Tinggi nomor 51 Tahun 2015 tentang Tata Naskah Dinas dilingkungan Kemenristekdikti.
Terjadi Penumpukan arsip di unit kerja dan dinas mengetahui bagaimana mengelola arsip-arsip unit tersebut. Belum ada standar Pengelolahan arsip, sehingga perlakuan arsip berbeda-beda di setiap unit kerja.
Kurangnya Sumber Daya Manusia dBidang Kearsipan( Arsiparis) yang mampu melakukan pengelolahan arsip dengan baik.
Belum tercapainya ketersediaan arsip yang Efektif,efisiens, lengkap dan berkualitas,sehingga sering kali menemukan kesulitan dalam pencarian arsip.
Belum ada pemilihan antar berkas yang merupakan arsip maupun non arsip.
Oleh sebab itu maka harapan yang ingin dicapai lewat Bimtek ini adalah untuk mewujudkan pengelolahan persuratan dan kearsipan yang rapi dan tertip seuai dengan kaidah dengan tata naskah Dinas dan Pedoman Kearsipan, Maka diperlukan Peningkatan Kualitas Kerja Manusia yang menangani Persuratan dan kearsipan dimasing-masing unit kerja.
Penanganan surat dan arsip di unit kerja merupakan hal yang sangat penting, karena dengan penanganan/penataan yang benar maka akan mempermuda dalam kelacaran kegiatan Pimpinan dan Penanagan Berikutnya ( Penyusutan arsip).
Untuk itu dilingkungan Uncen sendiri sangat memerlukan Penanggungjawab Persuratan dan Kearsipan untuk mengimplementasikan tata naskah dinas dan sistem Kearsipan yang baik dan Benar pada Setiap Unit kerja diLingkungan Universitas Cenderawasih Yang Juga Merupakan Salah satu Universiats ternama Di Tanah Papua.
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan Kemampuan petugas pengelolahan kerasipan dilingkungan Universitas Cenderawasih dengan berpacu pada Permenristekdikti nomor 51 tahun 2015, Guna Memberikan Kualitas pelayanan prima kepada Pimpinan dan Masyarakat.
Kegiatan ini di ikuti oleh beberapa perguruan Tinggi yang ada di Tanah papua seperti ISBI Papua Jayapura, Masing-masing Unit Kerja Uncen, UNIPA Manokawari, Dan Sekolah Perguruan Tinggi Musamus Merauke.
Dengan Pembicara/ Pemateri IBU Nani Suryani, Kepala Sub Bagian Persuratan dan Kearsipan, Biro Umum dan Keuangan, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI,
Kegiatan tersebut berlangsung dari jam 9.00 Pagi Hingga Berakhir pada Pukul 5.000 Sore yang ditutup secara resmi oleh Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Uncen Bapak Drs. Vence Richard Hallatu, M.M… (Laporan: SIMSON. RUMAINUM, AMD,IP)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Uncen Gelar Bimtek Kearsipan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *