Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ADAT DAN SEJARAH GEREJA » RIWAYAT SINGKAT SEJARAH PEMBANGUNAN GEDUNG GEREJA GKI HARAPAN ABEPURA

RIWAYAT SINGKAT SEJARAH PEMBANGUNAN GEDUNG GEREJA GKI HARAPAN ABEPURA

(129 Views) Oktober 14, 2019 5:01 am | Published by | No comment


BAGIAN PERTAMA
(YOUTEFAPOST.COM)
Pada Tahun 1943 terbentuklah sebuah Persekutuan Kecil oleh beberapa orang Suku yang berasal dari Sangihe Taulaud, Maluku-Ambon,dan Papua yang berdomisili DiHollandia Binnen.
Persekutuan ini diberi nama “Ebenhaezer” Memulai peribadahan orang dewasa pertama kali dipimpin oleh pendeta.A Wattimena Jemaat ini menggunakan Bangunan Rumah Tentara Sekutu Amerika Sebagai tempat ibadah sementara yang berlokasi Dipersimpangan jalan Biak Dan Jalan Sekolah,Karena Mengalami kebangkaran Tahun (1947-1949)
Persekutuan Ebebhezer melaksanakan Pelayanan Ibadah Di bangunan tentara Sekutu Amerika di Jalan Sekolah,tepatnya bekas gedung kweyk School (Depan SD Negeri III),
Seiring Dengan Berjalannya Waktu Bertambahlah Jumlah Warga Jemaat,Sehingga gedung gereja menjadi kecil untuk menampung kehadiran warga Jemaat.Kebutuhan akan suatu gedung yang lebih besar menjadi pergumulan Jemaat,maka warga jemaat sepakat untuk mencari gedung gereja baru, dan gedung baru yang digunakan sebagai tempat pelayanan ibadah adalah gedung pisor,(Wisma Salapuda) yang terletak di Jalan Ayapo.
Jemaat Ebenhezer terus menggumuli sebuah lokasi untuk tempat ibadah yang baik dan menetap bagi Jemaat (Ebenheazer),maka persekutuan ini mencari sebuah lokasi baru tersebut yang terletak di Jalan Etnabay.No.01 Hollandia Binnen, diatas tanah adat orang yoka,surat pelepasan adat pun diberikan atas nama adat ondofolo Mesa.K Mebri, Yoka-Sentani, Dengan Luas Arealnya 1 (Satu) Hektar, dengan batas-batas wilayahnya sebagai berikut ; Bagian Utara Berbatasan dengan jalan Manokwari,sebelah selatan berbatasan dengan tanah adat. Bagian Timur,berbatasan dengan jalan teluk Etna dan Bagian Barat,Berbatasan dengan Tanah adat.
Setelah Memperoleh satu Hektar (1) Maka Proses Perencanaan dan Pembangunan gedung gereja baru dimulai sekitar tahun 1952-1953,dan sekitar akhir tahun 1952 pengerjaan gedung gereja baru ini di lakukan ini jemaat Ebenheazer.
Proses Pembangunan gedung gereja yang pertama dibangun oleh para Siswa LTS (Lagere Tekhnise School;LTS) Sekolah Teknik Rendah, Kotaraja Dalam Sekarang ( SMA YPK Diaspora)yang didampin oleh Tuan Henk Heynes, dan di bantu oleh oleh beberapa orang siswa dari VVS, Osiba di Yoka, siswa sekolah kesehatan, yang bekerja sesuai jadwal yang ditetapkan hingga Gedung Gereja selesai.
Setelah gedung gereja ini jadi maka gedung ini diberi nama : “ Kerk der Hoop di Hollandia Binnen”, oleh Badan Zending di Niuew Guinea, dan di resmikan oleh Gubernur Nederlands Niuew Guinea, Dr.J Van Baal, Pada Tanggal 3 Maret 1953 dengan kapasitas 200 orang.
Setelah peresmian Gedung “ Kerk der Hoop” seluruh aktivitas pelayanan Jemaat dipindahkanke gedung gereja baru yang bertempat di digedung gereja baru yang bertempat di di Jalan Teluk Etna Dan yang menjadi pelayan Jemaat Pada saat itu adalah Pedeta H. Morimuzendi ( Sebagai Pelayan Tetap dalam periode kemajelisan Ketiga Tahun 1953-1956).
Pergumulan Jemaat Ebebheazer menjalani pelayanan dengan berpindah-pindah gedung ibadah bila di hitung dari tahun 1943 hingga mendapat gedung gereja baru yang pertama di resmikan tahun 1953 Membutuhkan jaraka 10 Tahun….(bersambung) (Penulis Alberth Rumbekwan / Editor Berita : Sonny.Rumainum)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for RIWAYAT SINGKAT SEJARAH PEMBANGUNAN GEDUNG GEREJA GKI HARAPAN ABEPURA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *