Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Berita Utama » Kota Wamena Berangsur-angsur Pulih Kembali kondusif dan Aman

Kota Wamena Berangsur-angsur Pulih Kembali kondusif dan Aman

(42 Views) Oktober 5, 2019 12:55 pm | Published by | No comment

Interaksi Jual Beli Bergeliat di Pasar Jibama dan Sinakma Wamena

WAMENA, (YOUTEFAPOST.COM),-Dua pasar tradisional di Kota Wamena, yakni Pasar Jibama dan Pasar Sinakma mulai terlihat dipenuhi warga. Interaksi jual beli di pasar itu pun mulai bergeliat, pasca rusuh Wamena yang terjadi pada 23 September lalu.
Selain aktivitas di pasar tradisional, sejumlah ruas jalan juga sudah dipenuhi lalu lalang kendaraan roda dua dan roda empat. Terlihat aktivitas toko, kios, rumah makan dan pusat bisnis lainnya sudah berani membuka usahanya.

Bupati Jayawijaya, Jhon R. Banua menyebutkan, aktivitas warga setiap harinya semakin membaik. Sebagai pemerintah daerah, pihaknya memberikan jaminan keamanan kepada warga untuk beraktivitas, termasuk kepada pedagang di pasar dan pengusaha bisnis lainnya. “Wamena sudah aman, silahkan beraktivitas. Kita bersama pulihkan Kota Wamena ini, termasuk roda perekonomian, pemerintahan dan sekolah, semua harus kembali berjalan seperti sedia kala,” kata Jhon, Jumat (4/10/2019).

Jhon menyebutkan hari ini, semua pihak berlomba untuk membersihkan sisa materiah puing-puing dari pembakaran aksi rusuh beberapa waktu lalu. Ia yakin dengan berbaurnya warga, aparat keamanan dan pemerintah dalam membersihkan Kota Wamena hari ini, maka semua pihak ingin Kota Wamena bangkit dan pulih dari situasi saat ini.

“Mulai Senin (7/10/2019), aktivitas sekolah dan pemerintahan juga sudah mulai berjalan kembali. Dalam waktu dekat kami juga akan membangun kembali sejumlah kerusakan akibat aksi rusuh ini. Termasuk 19 sekolah yang terdata mengalami kerusakan, mulai TK hingga SMA,” jelas Jhon.

Jhon juga menyebutkan dampak rusuh Wamena pasti berimbas dengan trauma. Untuk memulihkan trauma ini, Pemkab Jayawijaya secara bertahap akan melakukan pemulihan trauma kepada guru dan pelajar di Wamena.

Sementara itu, Dandim 1702 Jayawijaya, Letkol Inf Candra Dianto menjamin keamanan warga di Wamena. Ia menyebutkan hari ini, hampir seluruh masyarakat di Wamena bergotong royong membantu pemulihan Kota Wamena. “Kami ingin masyarakat di Wamena tak terhasut isu provokatif dan warga juga harus tenang.
Percaya dan yakin TNI Polri akan menjaga keamanan di Jayawijaya.
Silahkan berativitas seperti biasanya dan jalankan roda perekonomian ini,” katanya.(arri/sonny)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Kota Wamena Berangsur-angsur Pulih Kembali kondusif dan Aman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *