Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik, Hukum dan Kriminal » Gubernur Lukas Enembe : Saudara Jangan Mengganggu keamanan lagi Di Papua Stop!!!

Gubernur Lukas Enembe : Saudara Jangan Mengganggu keamanan lagi Di Papua Stop!!!

(104 Views) September 23, 2019 2:26 pm | Published by | No comment

JAYAPURA,(YOUTEFAPOST.COM), – Gubernur Papua Lukas Enembe,S.IP,MH Senin Siang kemarin (23/9/2019) langsung menggelar jumpa pers di Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, terkait gejolak situasi terkini di Kota Wamena dan juga Kota Jayapura.
Berikut penyampaian Gubernur Lukas Enembe yang didampingi Sekda Papua Hery Dosinaen terkait situasi yang memanas di kedua kota ini, dimana sebenarnya sudah mulai berangsur pulih, khusus untuk Kota Jayapura.

Situasi hari ini gangguan di Kota Wamena ibukota Kabupaten Jayawijaya dan juga di Kota Jayapura ibukota Provinsi Papua. Namun yang utama di Kota Jayapura.
Mahasiswa kita yang eksodus dari berbagai kota studi di Indonesia, mereka menduduki Universitas Cenderawasih.
Sebenarnya polisi sudah mengamankan mereka untuk kembali ke tempat mereka masing – masing. Akan tetapi pada saat kembali terjadi bentrok dengan anggota TNI/Polri di kawasan Ekspo Waena, Kota Jayapura.
Informasinya ada satu 1 anggota TNI (Prajurit 751/R-red) meninggal dan 4 orang luka – luka dari aparat keamanan.
Dan dari masyarakat ada juga korban, tetapi belum tau berapa banyak. Akan tetapi ada korban luka – luka dari masyarakat.
Sedangkan kejadian di Wamena juga sama.
Ini yang di Wamena dari siswa SMA Negeri Wamena yang melakukan aksi pembakaran semua fasilitas pemerintahan termasuk Kantor Bupati Jayawijaya juga ikut dibakar.
Itulah sebabnya saya ingin menyampaikan beberapa hal pertama kepada mahasiswa – mahasiswa di seluruh Papua yang sudah pulang dari Pulau Jawa dan kota studi lainnya. Saya sudah menyurat kepada mereka untuk ketemu saya. Untuk menanyakan apa yang mereka mau.
Tetapi mereka belum bisa ketemu kami dan ini berdampak pada hari ini kejadian di Ekspo Waena.
Oleh karena itu saya minta kepada semua mahasiswa hentikan semua kegiatan yang berbau kejahatan. Saudara hentikan seluruh kegiatan yang berbau kejahatan, mengganggu keamanan, ketertiban masyarakat di Tanah Papua.
Kalau you (kamu-red) mau sekolah, kembali ke tempat studi kalau daerah itu dianggap aman. Pemerintah siapkan transportasi untuk kembali ke kota studi.
Jangan ganggu disini (Jayapura-red), mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat Papua. Dengan jargon – jargon tertentu, Tidak boleh !
Saya minta kepada mahasiswa Papua hentikan semua kegiatan yang bersifat mengganggu stabilitas keamanan masyarakat Papua.
Diminta kami siapkan fasilitas umum untuk saudara kembali ke kota studi masing – masing. Siap kita kembalikan. Itu yang pertama.
Siswa Jangan Terpengaruh
Kemudian siswa – siswa jangan terpengaruh dengan keinginan mahasiswa, yang berdampak pada menganggu studi tempat belajar kalian.
Siswa jangan terganggu dengan gangguan dari siapapun termasuk mahasiswa yang ada datang eksodus dari berbagai Perguruan Tinggi di Jayapura atau di mana saja di Provinsi Papua.
Pasti aparat keamanan akan bertindak tegas kalau saudara mengganggu seluruh aktifitas pemerintah. Termasuk pembakaran atau pemblokiran ruas jalan pemerintah.
Itulah sebabnya saya minta semua dihentikan agar aktifitas pemerintah berjalan normal. Jangan dengan cara kekerasan. Anda menyampaikan pendapat, keinginan anda yang justru mengganggu stabilitas di Papua.
Ini saya sampaikan. Saya tegas berbicara.
Saudara tidak mau bertemu dengan Gubernur. Dan sekarang dengan tindakan begini, tidak akan anda diampuni. Saudara harus sadar itu. Ini yang saya sampaikan.
Ini tegas kami bicara dan pemerintah siap memulangkan kalian ke kota study, Himbauan Gubernur Juga menyampaikan Kepada Orang Non Papua Kelompok Nusantara agar Jangan termakan isu-isu yang tidak bertanggungjawab dan membuat hal-hal yang tidak di inginkan dan membuat suasana di Papua tambah rawan konflik. Jangan termakan berita yang tidak benar Tambah Gubernur Papua Lukas Enembe Saat Melaksanakan Konfrensi Pers di gedung negara kemarin……..(***)

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Gubernur Lukas Enembe : Saudara Jangan Mengganggu keamanan lagi Di Papua Stop!!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *