Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tanah Papua » Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2019 Memukau Ribuan Penonton

Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2019 Memukau Ribuan Penonton

(174 Views) Juli 2, 2019 2:20 am | Published by | No comment

PEMBUKAAN FBMW VII TAMPILKAN RIBUAN ORANG SAAT MENARI DAN KONSER MUSIK TRADISIONAL

BIAK, (YOUTEFAPOST.COM),-Festival Biak Munara Wampasi (FBMW) VII yang berlangsung sejak 1-6 Juli 2019 kali ini mengusung tema, Menguatkan Budaya, Membingkai Pesona menampilkan 15 highlight events yang sangat menarik, di antaranya ; apen beyeren, snapmor, tarian kolosal, body painting, lomba fotografi Biak, harmoni Biak (konser musik tradisional Biak), diving dan foto bawah laut, pesona kuliner Biak (pesta makan ikan, keladi, papeda), parade wor dan yospan, Biak exotic tour (pulau-pulau Biak), lomba gerak jalan wos Biak, lomba mancing, tour Padaido Island, parade perahu wairon dan mansusu, enjoy Biak (fit, food, fun), pamerab ekonomi kreatif.
Tampil memukau saat acara pembukaan FBMW VII yaitu tarian kolosal dengan melibatkan 500 orang yang dihimpun dari Paud, SD, SMP, SMA/SMK, Mahasiswa, yang dilatih oleh Hairil Jumaing dalam 2 minggu, di mana lewat tarian ini menyatakan bahwa masyarakat Biak menyambut wampasi, bahkan Body Painting atau yang dikenal ukiran pada badan dan wajah (ukiran Biak) disertai pakaian adat Biak.

Selain itu, suguhan konser musik tradisional kolaborasi dari 15 sanggar seni yang ada di Biak Numfor, serta lantunan lagu-lagu daerah dari Trio Papua, dan juga dari Michael Herman Jakarimilena.

Menteri Pariwisata yang diwakili Koordinator Kalender Of Event Indonesia Wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat, Raseno Arya yang dibuat terkesima dan begitu mengapresiasi penampilan tarian dan lainnya seiring dengan semangat dari Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, sehingga harapannya tahun depan ada agenda lainnya dari Biak yang masuk dalam kalender nasional dengan melibatkan negara-negara luar.

Raseno Arya juga minta perhatian Dinas Pariwisata Biak terkait tingginya perhatian dan keterlibatan masyarakat pada FBMW dari 1-6 Juli, dengan menggunakan atribut-atribut daerah, mengonsumsi pangan lokal, selalu menampilkan musik atau tarian daerah mulai dari pintu masuk (Bandar Udara Internasional Frans Kaisiepo Biak) sebagai daya pikat, diibaratkan pariwisata sebagai pedangang yang berjualan yang langsung ada untungnya.

Sementara itu, Bupati Herry Naap melalui sambutannya meminta adanya evaluasi usai FBMW dilakukan, dan pada tahun 2020 mendatang diinginkan penggabungan semua pihak dalam panitia FBMW, yang memicu kehadiran untuk menyaksikan dan mensukseskannya, sehingga dari sekarang diinginkan dari semua pihak punya sanggar agar pada pelaksanaan kalender nasional seluruhnya dapat tampil, dan yang paling penting, pariwisata yang sekarang adalah kerja, kerja, kerja bukan teori yang harus diimbangi dengan budget anggaran mengingat sebagai salah satu sekotor unggulan selain perikanan.

Diakui Kadis Pariwisata yang sekaligus Ketua Panitia, Turbey O.Dangeubun, kalau kontribusi pariwisata hingga sekarang belum sesuai dengan ekspetasi, namun dirinya optimis melalui dukungan bersama budaya sebagai bagian dari jati diri terus dipromosikan. Menurut Dangeubun, untuk Papua tidak saja FBMW dan Lembah Baliem saja tapi harus diikuti dengan pesona budaya yang lain yang ada di Tanah Papua.

Sebelumnya, oleh Budayawan Mika Ronsumbre hadir menyampaikan makna nilai budaya maupun filosofi yang terkandung dalam Munara Wampasi. “Ketika hujan atau angin terjadi, diminta masyarakat dan wisatawan untuk tetap tersenyum dalam menikmatinya karena ini semua merupakan bagian dari ritual Munara Wampasi” ujar Mika.

Sejumlah pejabat hadir dalam pembukaan ini, mulai dari Forkompinda, TNI-POL, BUMN-BUMD, Komunitas, para tokoh agama, tokoh adat, budayawa, masyarakat, dan media.

(SUMBER : HumasProBiak/ Editor Berita : Sonny.Rumainum – JAYAPURA Youtefapost.com)

Menparbud RI dan Saat memberikan sambutannya

Kadispa Biak Numfor saat Meberikan Sambutan Pada Acra Pembukaan F BMW 2019 Di lapangan cenderwasih

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Festival Biak Munara Wampasi (BMW) 2019 Memukau Ribuan Penonton

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *