Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Politik, Hukum dan Kriminal » Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP.MH Sukses selesaikan Sengketa Dengan PT Freeport

Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP.MH Sukses selesaikan Sengketa Dengan PT Freeport

(2170 Views) Mei 31, 2019 1:21 am | Published by | No comment

JAYAPURA,(YOUTEFAPOST.COM), – Ini Baru Namanya
kesuksesan besar pemimpin.. berkat konsistensi dan kerja tuntas yang dilakukan oleh Abang Gubernur Lukas Enembe, akhirnya Mc.Moran bersedia untuk membayar kontribusi pajak air permukaan yang menjadi hak Pemerintah Provinsi Papua, dengan nilai 1,39 Triliun Rupiah..

Memang nilainya tidak sebesar tuntutan awal pajak terutang McMoran yang pernah diajukan sebesar 3,5 Triliun..
Namun, mengingat sebelumnya pada Tahun 2018 yang lalu, Mahkamah Agung justru membatalkan beban kewajiban PAP McMoran, maka keputusan di bulan Mei 2019 ini, yang berhasil di tanda-tangani antara McMoran dan Gubernur Lukas Enembe, merupakan “sebuah kemenangan diplomasi perpajakan” yang justru dimenangkan tanpa “campur tangan lembaga Pusat”..

Hasil ini juga membuktikan, bahwa Amerika sejatinya ingin membantu Tanah Papua, namun, selama ini justru mendapatkan banyak “intercept/gangguan” dari para elit nasional yang juga mencari benefit atas setiap “remah-remah keuntungan” di PT. Freeport Indonesia..

Ingat, Abang Lukas Enembe, berhasil menarik dana Freeport McMoran sebesar 1,39 Triliun, dengan bermodalkan diplomasi, sekalipun Hukum Positif Di Indonesia melalui Mahkamah Agung, justru telah memutikan Pajak Air Permukaan Pihak McMoran..

Pertanyaannya, siapa sebenarnya Negara di Republik Ini?
Apakah pemerintah pusat?
Alias Mahkamah Agung?

Yang justru representasi negara tidak mendukung upaya Pemprov Papua menarik dana pajak ke Freeport..

Ataukah pihak Amerika/ Mc Moran yang memberi Payment Pajak Air Permukaan secara cuma cuma.. Dengan bermodalkan niat baik semata..

Jika seandainya, pendekatan diplomasi langsung Gubernur Lukas Enembe, sebagai representasi rakyat di Tanah Papua diberikan kesempatan untuk masuk dalam “meja” negosiasi secara langsung, untuk membicarakan pelepasan saham 10% milik PT. Freeport Indonesia, maka sudah barang tentu, Amerika akan senang hati memberikan “jatah” saham secara cuma cuma ke rakyat dan Tanah Papua..

Tidak justru seperti status penyerahan saham saat ini, yang mana, Pemprov Papua dan Pemda Mimika, justru berhutang kepada PT. Inalum sebesar 12,3 Triliun.. harga saham sebesar 12,3 Triliun yang dijual ke Pemprov Papua dan pemkab Mimika, justru akan membebani fiskal Pemerintah Daerah, yang pada gilirannya tidak akan mampu di lunasi oleh rakyat di Tanah Papua.. maka skenario selanjutnya yang bisa diprediksi adalah “Elit Nasional akan memaksa Tanah Papua menjual kembali sahamnya kepada si pemberi utang, yaitu PT. INALUM, yang tidak lain adalah Perusahaan Milik Elit Jakarta..

Selain itu, dalam konflik yang serupa, baru baru ini, Mahkamah Agung justru memenangkan 20 materi gugatan Freeport McMoran kepada Dirjen Pajak, untuk mengembalikan dana restitusi bea ekspor dari kas negara kepada Freeport McMoran sebesar 1,82 Triliun..

Dengan demikian, lebih patriot mana, Lukas Enembe yang berhasil menarik dana 1,39 Triliun dari McMoran, sekalipun Mahkamah Agung telah memutihkan kewajiban pajak McMoran..

Atau Pemerintah Pusat yang harus kalah dalam gugatan di Mahkamah Agung, dan harus membayar 1,82 Triliun kepada McMoran..

Silahkan rakyat nusantara menilai sendiri, wa wa.

Oleh: Willem Wandik Agta DPR RI

Facebook Comments
0Shares
Categorised in:

No comment for Gubernur Papua Lukas Enembe, S.IP.MH Sukses selesaikan Sengketa Dengan PT Freeport

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *