Sosialisasi  “GERMAS” Masyarakat Biak  Di Ajak  Rubah Pola Pola Hidup Sehat dan Teratur 

ok

Saat memberikan Motivasi dan dorongan Kadis Kesehatan Biak Numfor dr. Daisy Urbinas

 Sosialisasi  “GERMAS” Masyarakat Biak  Di Ajak  Rubah Pola Pola Hidup Sehat dan Teratur

BIAK, (YOUTEFAPOST.COM)Rabu, 27 Februari 2019 Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) disosialisasikan, dengan melibatkan ratusan peserta, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh agama, adat, pemuda, dan tokoh perempuan, dengan narasumber ; Kadis Kesehatan, dr. Daisy Urbinas mewakili Plt. Bupati Biak Numfor, Ketua DPRD, Ir.Zeth Sandy, Direktur Poltekes Kemenkes Jayapura, Dr. Arwam Hermanus, S.E, M.Kes D.Min.

Sosialisasi yang dilakukan di Resto Asia mengangkat tema, “Keluarga sehat sebagai bagian dalam menciptakan GOLD GENERATION masa depan di Papua dan Indonesia”, dibuka oleh Kadis Kesehatan, dr. Daisy Urbinas, yang menyatakan bahwa, GERMAS ini salah satu program Kemenkes untuk mencapai Indonesia Sehat sebagaimana Inpres No. 1 tahun 2017. Karena menurutnya, kematian akibat penyakit tidak menular saat ini semakin meningkat akibat beberapa faktor, diantaranya, pola gaya hidup yang tidak teratur seperti jarang beraktivitas fisik, jarang mengkonsumsi buah dan sayur, sering minum minuman bersoda dan beralkohol.

Adapun tujuan GERMAS, lanjut Plt. Bupati Herry Naap adalah agar masyarakat berperilaku sehat sehingga berdampak kesehatan terjaga, produktif, lingkungan bersih dan biaya untuk berobat berkurang. Adapun fokus kegiatan 2019, diantaranya melakukan aktivitas fisik, memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara berkala, seperti cek tekanan darah, cek kadar gula, cek kolesterol, tes darah lengkap, cek lingkar perut dan deteksi dini kanker leher rahim.

Mengingat kesehatan merupakan infestasi terpenting, maka Plt. Bupati Herry Naap mengajak semua lapisan masyarakat mendukung GERMAS, seperti melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari, makan sayur dan buah setiap hari, dan periksa kesehatan secara rutin.

“Kita perlu merubah pola pikir tenaga kesehatan, dimana orang sehat tidak lagi dilarang ke fasilitas kesehatan. Justru kita harus memberikan pemahaman pada masyarakat, jangan tunggu sakit baru datang ke fasilitas kesehatan, tapi secara rutin kita harus melalukan pemeriksaan,” papar Plt. Bupati Herry Naap.

Lebih jauh ditambahkan Ketua DPRD Biak Numfor, Zeth Sandy bahwa, investasi terbesar manusia adalah kesehatan, dan hidup sehat itu mudah yaitu dengan makan cukup, olahraga cukup, Istirahat cukup dan bersyukur kepada Tuhan.

Ketua DPRD juga berpesan kepada anggota DPRD untuk menelaah Perda Penertiban Miras. Selain itu juga mengajak masyarakat turut menyukseskan GERMAS dengan menjaga kebersihan lingkungan dalam rangka mencapai Gold Generation. Sosialisasi GERMAS diakhiri makan buah bersama oleh seluruh peserta sosialisasi.

ok
Saat memberikan Sambutan Kadis Kesehatan Biak Numfor dr. Daisy Urbinas yang selalu setia
ok
Suasana Sosialisasi Gemas Diikuti oleh perawat bidang dan para mantri
ok
Suasana Sosialisasi Gemas Tampak Kontributor Youtefapost.com Biak sedang Megambil gambar Henny Arwam
ok
Suasana Kegiatan Gemas 2019 poitikes Papua tanpak Ibu Kadis Kesehatan Biak Numfor dr. Daisy Urbinas
Facebook Comments
9Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *