Pembatas jalan Trotoar Kota Jayapura Menjadi Kontra Versi Karena Warna Hitam Merah

ok

Inilah wajah Kota Jayapura menjelang Hutnya warna Pembatas jalan dan Trotoar berubah !!!

JAYAPURA, (YOUTEFAPOST.COM)  –Agar di pahami bersama baik pemerintah kota Jayapura maupun pengguna jalan/masyarakat kota Jayapura, bahwa Ternyata, mewarnai separator/trotoar/pembatas jalan bertentangan dengan aturan yang berlaku 
“Untuk marka jalan aturannya adalah warna putih. Trotoar atau pembatas jalan antara pengendara dengan pejalan kali yang lain itu batasnya warna putih atau hitam, hitam putihlah, seperti zebra
Pembatas jalan dan pemisah jalur berwarna putih tujuannya untuk alat komunikasi. Sebagai pengarah pengguna jalan mobil maupun motor karena warna tersebut mudah terlihat di siang maupun malam dan membantu penggunanya lebih fokus melintas,”

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 34 Tahun 2014 Pasal 3, di sana tertulis marka jalan berfungsi untuk mengatur lalu lintas, memperingatkan atau menuntun pengguna jalan dalam berlalu lintas.

Kemudian, pada Pasal 5 (c), pembagian lajur atau jalur merupakan bagian dari marka jalan.

Pada Pasal 4 disebutkan bahwa marka jalan dapat berwarna putih, kuning, merah, dan warna lainnya. Masing-masing warna memiliki arti dan fungsi sendiri. Tidak disebutkan marka jalan dapat diberi warna-warni dalam aturan tersebut.

Sementara pada Pasal 11, pembagian lajur atau jalur sebagaimana dimaksud Pasal 5 (c) berfungsi untuk mengatur lalu lintas dengan jangka waktu sementara dan membantu untuk melindungi pengendara, pejalan kaki, dan pekerja dari daerah yang berpotensi tinggi menimbulkan kecelakaan.

Dan saya berharap Dinas Perhubungan dan Kepolisian dapat merespon ini dengan memberi pemahaman kepada Pemerintah Kota, karena trotoar, separator, dll itu adalah fasilitas publik yang peruntukannya demi keselamatan dan kenyamanan masyarakat. Dan juga saya berharap untuk pihak Ombudsman RI Papua juga dapat melihat ini.

baru saja milenial festival road safety, baru fasilitas tra safety:

ok
Inilah wajah Kota Jayapura menjelang Hutnya warna Pembatas jalan dan Trotoar berubah !!!

(YOSUA AGAKI WANDA)

Facebook Comments
12Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *