Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » ADAT DAN SEJARAH GEREJA » Christa.Vanessa Urbinas di Nobatkan Sebagai Perempuan   “BINSYOWI”  Biak

Christa.Vanessa Urbinas di Nobatkan Sebagai Perempuan   “BINSYOWI”  Biak

(249 Views) Februari 24, 2019 1:46 pm | Published by | No comment
ok

Acara penobatan Christa Vanessa Urbinas Sebagai Binsyowi anak Adat Perempuan Yang siap memberi makan bagi semua orang

 

JAYAPURA, (Youtefapost.com)-23/02/19 -Bertempat di Kediaman Rumah Bapak Almarhum Karel Urbinas Pemda 3 Melati Kotaraja Jayapura  telah terjadi Satu Peristiwa penting dan  bersejarah yakni acara ararem sebagai tanda penobatan dalam satu komunitas suku Biyak di Papua ( tanah Tabi ).

ok

 acara penobatan Binsyowi Christa V Urbinas Saat menerima sanfar piring adat dari Omnya yang tertua

ok

Ketua Umum Geridra Provinsi Papua Ibu Yanni  saat Memberikan sekapur Siri Buat Christa.V Urbinas sebagai Calon Anggota Dewan Kota dengan nomor urut 3 dari partai gerindra

Kegiatan tersebut dilaksanaka secara sederhana namun punya makna yang sangat besar, dalam arti peristiwa tersebut  sangat langkah dan sakral, selama ini kita jarang dibuat dilestarikan sehingga anak-anak cucu kita generasi penerus untuk harus  mengetahuinya.

Dalam kesempatan ini pula telah hadir semua Mananwir Biak yang berada 5 Wilayah adat  DiTanah Tabi   kota Jayapura Port Numbay dan para tokoh- Adat,  toko Politik, dan tokoh Agama.

Acara tersebut dilaksanakan sebagai tanda Bahwa Anak Christa Vanessa urbinas juga sebagai Anak adat Biyak yang juga layak dinobatkan Sebagai anak adat sebagai perempuan Binsyowi  yang di kukuhkan dan dinobatkan sebagai Anak adat  yang bisa memberikan makanan buat semua orang dengan kata lain “BINSYOWI.”

Prosesi penobatan Chirista Urbinas Dilandaskan dengan Doa Ucapan Syukur Oleh pelayan Firman Bapak Pdt Yan Pieth Wambrauw, M.Th dan Dilanjutkan dengan prosesi acara ritual ararem yang mana echa panggilan akrabnya di iriing dari Rumah kakanda Menuju Tempat Pembakaran makanan Yang sering kita kenal bakar batu atau “ BARAPEN” Bahasa Biyak dan Echa Dikelinlingi oleh 5 Mananwir Biyak Dengan Tarian dan  nyanyian Wor orang Biyak Untuk membuka Barapen tersebut serta makanan yang di ambil pertama memberi makan kepada saudara-saudaranya yang sulung hingga yang adik dan omnya serta  kedua orang tuanya dan ke 5 mananwir tersebut.

Peristiwa sakral tersebut disakasikan Langsung oleh Ketua Gerindra Provinsi Papua Ibu Yanni dan seluruh staf Pengurus Partai Gerindra baik Kota Maupun Kabupaten Dan Provinsi.

Dalam kesempatan itu Saat ditemui wartawan Cetak Maupun Elektronik dan Online Ibu Yanni Mengucapakan  bahwa ia merasa bangga dan terharu karena baru pertama kali Ia melihat  secara langsung acara prosesi adat atau ritual seperti ini yang dibuat oleh Suku Biyak Dikota Jayapura yang di sering lihat hanya cara antar maskawin saja, Katanya.

Lalu kata Yanni bahwa Echa sendiri adalah perempuan Yang telah masuk dalam Calon legislatif   dengan nomor urut 03  partai Gerindra kota Jayapura hingga ia berharap kepada semua andai tauland simpatisan om tanta, napi anak-anak kompleks melati untuk mendukung echa, tambahnya ia mengatakan bahwa untuk mendapat limaribu suara bahkan lebih tandasnya.  (pewarta: Sonny rumainum)    

 

Facebook Comments
31Shares
This post was written by admin
About

nama : Simson winand Maurit Rumainum,Amd. IP Tempat dan Tanggal Lahir : Jayapura 28 Juni 1970 status : Lajang Pekerjaan : Jurnalis asli Papua Tamat : Universitas Cenderawasih Jayapura Papua,Fisip Uncen angkatan 2000

No comment for Christa.Vanessa Urbinas di Nobatkan Sebagai Perempuan   “BINSYOWI”  Biak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *