Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » TOKOH » Mengenal Lebih Dekat Sang Peduli Pendidikan Ditanah Papua Habelino Sawaki, SH ,MSi. ( HAN)

Mengenal Lebih Dekat Sang Peduli Pendidikan Ditanah Papua Habelino Sawaki, SH ,MSi. ( HAN)

(225 Views) Februari 9, 2019 2:02 pm | Published by | No comment

“Jika kita himpun dan identifikasi persoalan sosial dan pembangunan di Papua, tentu kita akan dapati begitu banyak permasalahan. Jika kita peras-peras permasalahan tersebut ke dalam skala prioritas pembangunan, maka menurut hemat saya persoalan paling utama adalah pendidikan. Pendidikan yang baik, akan mengangkat harkat dan martabat manusia Papua. Pendidikan yang baik, akan berpengaruh pada kesehatan. Pendidikan yang baik memungkinkan orang Papua untuk mengubah nasibnya. Pendidikan yang baik akan mengurangi angka kemiskinan.

 

Jika kita kemudian mengidentifikasi siapa orang-orang yang penting dalam menyelesaikan persoalan Papua, tentu setiap orang berpengaruh. Namun jika kita harus memulai dari mana, menurut hemat saya, kita harus memulai dari kelompok muda.

 

Mengapa kita harus memulai dari pemuda? Sebab sejarah Papua bahkan sejarah dunia, dibuat oleh orang-orang muda. Bahkan sejarah Kitab Suci pun dikerjakan oleh orang-orang muda. Tuhan memilih orang muda untuk menceritakan kisah tentang Tuhan kepada dunia.

Kita harus rendah hati di hadapan sejarah. Jika sejarah menceritakan bahwa pemuda begitu penting, maka kita selayaknya menggunakannya untuk meretas hari ini dan masa depan Papua yang lebih baik. Berikan tempat bagi orang-orang muda untuk mendedikasikan hidupnya demi kemajuan rakyat Papua.

 

Pengalaman memang penting tetapi keberanian jauh lebih penting. Hampir semua kisah besar di dunia dibuat oleh orang-orang muda yang miskin pengalaman tetapi memiliki keberanian.

 

Saya, Habelino Sawaki, SH., MSi (HAN), calon anggota DPD RI Daerah Pemilihan Papua, Nomor Urut 24.

Saya lulusan Fakultas Hukum Universitas Cenderawasih, Jurusan Hukum Tata Negara dan menyelesaikan magister pada Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan). Sekarang sedang menyelesaikan program doktoral (S3) pada Universitas Indonesia Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Jurusan Antropologi.

 

Jika rakyat Papua memilih saya pada tanggal 17 April 2019 sebagai anggota DPD RI, maka fokus utama perjuangan saya adalah pada PENDIDIKAN. Hanya dengan pendidikan yang baik, kita bisa benar-benar menjadi tuan di atas tanah kita sendiri.

Ini tidak berarti aspek pembangunan yang lain di kesampingkan, tetapi berjalan secara bersama-sama. Semua itu untuk menopang kemajuan sumber daya manusia Papua.

 

Ibu saya seorang guru yang baru saja memasuki masa pensiun. Seumur hidup saya telah menyaksikan banyak muridnya yang berubah nasib karena pendidikan yang mereka tempuh. Saya pikir, banyak dari kita yang membaca pesan ini juga akan berubah nasib jika pendidikan diperhatikan.

 

Hidup memang keras. Republik ini memang masih menjadikan kita orang Papua sebagai warga kelas 2. Namun hal itu tidak boleh menyurutkan langkah kita untuk terus menimba ilmu.

 

Pendidikan di Papua harus bebas dari kolusi, korupsi dan nepotisme. Tidak boleh hanya anak-anak pejabat saja yang disekolahkan dan menerima beasiswa. Pendidikan adalah hak setiap orang. Setiap orang berhak untuk pintar, cerdas dan menentukan nasibnya sendiri.

 

Salah satu filsuf ternama, John Patocka mengatakan, tujuan pendidikan bukanlah untuk meraih gelar, jabatan atau penghargaan tetapi untuk merawat jiwa. Dengan pendidikan yang baik, kita menjadi manusia merdeka. Kita bebas menentukan mau jadi apa kita dan bebas menentukan profesi kita.

 

Saya berharap jika saya terpilih sebagai anggota DPD RI, rakyat bisa membantu saya mewujudkan visi besar ini. Karena itu melalui ini, saya berharap visi saya menjadi visi bersama.(Habelino Sawaki calon DPD RI No 24 Papua)

 

Tuhan memberkati.

ok

Poster Habelino Sawaky Sang inspirator Papua

ok

Poster sang Peduli Pendidikan Tanah Papua Habelino Sawaki

Facebook Comments
10Shares
This post was written by admin
About

nama : Simson winand Maurit Rumainum,Amd. IP Tempat dan Tanggal Lahir : Jayapura 28 Juni 1970 status : Lajang Pekerjaan : Jurnalis asli Papua Tamat : Universitas Cenderawasih Jayapura Papua,Fisip Uncen angkatan 2000

Categorised in:

No comment for Mengenal Lebih Dekat Sang Peduli Pendidikan Ditanah Papua Habelino Sawaki, SH ,MSi. ( HAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *