KOTA HOLLANDIA BINNEN PADA TAHUN 1950 (ABEPURA) JAYAPURA PAPUA

ok

Tampat kota Hollandia Binnen Tahun 1950 red sekrang Kota baru Abepura

Kota Hollandia Binnen pada Tahun 1950.

 

Sebenarnya dalam dokumen lama Nama Abepura itu tidak tercantum, kita membongkar arsip apa saja menyangkut kota Hollandia tidak pernah akan ketemu.

 

Dulu namanya HABE singkatannya : Hoof Administratie Bestuuren. Pengertiannya Tempat mengelola Administrasi Kepala Pemerintahan Nederland Nieuw Guinea, karena tempat kedudukan Kantor Gubernur ada di Habe sekarang tempat Aula Uncen.

 

Dengan demikian Pemerintah Belanda memberi nama Hollandia Binnen ( HB ) Abe dengan pengertian Kota yang terletak didalam agak jauh dari bibir pantai atau tepian laut.

Kemudian dari nama HABE semakin hari mulai orang sebut sebut ABE berarti huruf H ( Hoof ) mulai dihilangkan alias tidak pakai lagi lantaran perkembangan dari masa ke masa.

Pada tanggal 17 Agustus 1963 Presiden Soekarno mengganti nama Kota Hollandia menjadi Soekarnopura akhirnya nama Habe yang menjadi Abe itu diganti lagi menjadi Abepura, ada penambahan kata PURA.

 

Beberapa Tahun sesudah Perang dunia ke 2 pernah diganti dari nama Hollandia Binnen menjadi Kota Baru.

Nama Abepura masih eksis sampai saat ini dan mulai awal Tahun 1980 an Bupati Jayapura Barnabas Youwe memberi julukan Kota Abepura menjadi Kota pelajar sampai sekarang.

 

Foto Dok : Archips NNG.

ok
Tampak kota Hollandia Binnen Tahun 1950 red sekarang Kota baru Abepura
Facebook Comments
197Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *