PERKEMBANGAN INFLASI KOTA JAYAPURA DAN MERAUKE 2019

ok

Saat Jumpa Pers Kepala BPS Provinsi Papua Simon Sapari Bersama Para Wartawan Cetak dan Mrdia online

Jayapura, Youtefapost.comHasil Pemantaun BPS Provinsi Papua selama Januari 2019 menunjukkan bahwa di Kota Jayapura terjadi inflasi sebesar 0,26% Persen.

Inflasi tersebut cenderung melambat dibandingkan inflasi bulan sebelumnya yang sebesar 1,62 persen.Diantara faktor pemicu terjadinya inflasi yaitu kenaikan harga pada ikan ekor kuning dengan andil sebesar 0,148persen,upah tukang bukan mandor dengan andil 0,108 persen,bawang merah dengan andil 0.061persen,daging sapi dengan andil 0,042persen,biaya pengiriman barang dengan andil sebesar 0.42persen, dan beberapa komoditas dominan lainnya.

Secara umum inflasi tersebut masih di dominasi oleh pengaruh kenaikan harga pada kelompok makanan jadi, minuman,rokok dan tembakau yang memberikan andil 0,20 persen terhadap total inflasi dikota Jayapura.

Sementara itu Dimerauke selama Januari 2019 terjadi deflasi sebesar 0,01persen.

Deflasi tersebut cenderung lebih rendah dibandingkan kondisi bulan sebelumnnya yang mengalami inflasi sebesar 0,09 persen, Diantara faktor  pemicu terjadinya deflasi yaitu penurunan harga pada angkutan udara dengan andil sebesar 0,276 persen. cabai merah dengan andil sebesar 0,216 persen,daun singkong dengan andil sebesar 0,167 pesen, terong panjang dengan andil sebesar 0,110 persen, buncis dengan andil sebesar 0,075 Persen dan beberapa kominitas dominan lainnya. Secara umum deflasi tersebut didominasi oleh pengaruh  penurunan harga pada kelompok transportasi, komunikasi dan jasa keuangan yang memberikan andil 0,26 persen, untuk menahan laju inflasin di Merauke.

Namun demikian,kelompok makanan jadi Minuman,rokok dan tembakau juga memberikan andil inflasi yang dominan dengan sumbangan sebesar 0,27 persen terhadap laju Inflasi di Merauke.

Pencapaian lebih lanjut, Kota Jayapura inflasi tahun berjalan Januari 2019 mencapai 0,26 persen Pencapaian ini lebih tinggi dibandingkan 2018 yang sebesar -1,12 persen. Selain itu inflasi

Year on year (yoy) Januari 2019 sebesar 8,19 Persen  dan relatif lebih tinggi dibandingkan yoy Januari 2018 yang  sebesar 0,85% Persen .

Adapun di merauke inflasi year on year (yoy)Januari 2019 sebesar 4,51Persen persen dan relatifnya lebih tinggi dibandingkan yoy januari 2018 yang sebesar 1,08 Persen.

BPS Provinsi Papua menilai bahwa berdasarkan Pantauan inflasi month-month tersebut memberikan sinyal bahwa capaian inflasi di Kota Jayapura maupun Merauke relatif terkendali.

Namun demikian hasil inflasi year on year menunjukkan bahwa pemerintah perlu menjaga stabilitas harga kedepan agar capaian inflasi berada pada kisaran target yang telah ditentukan sebesar 3,5 kurang lebih 1 Persen.

Selain itu pemerintah perlu mewaspadai terhadap potensi gejolak harga pada beberapa komoditas yang mudah bergejolak peranan konsumsi dominan di masyarakat , terutama sepuluh komoditas utama penyumbang inflasi dimasing-masing wilayah (*)Bps  (

ok
Saat Jumpa Pers Kepala BPS Provinsi Papua Simon Sapari Bersama Para Wartawan Cetak dan Media  online

EDITOR SONNY)  

Facebook Comments
11Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *