Artikel Sejarah : Mengenal Lebih Dekat A.P.O Camp Pada Tahun 1952

OK

A.P.O CAMP HOLLANDIA SOEKARNAPOERA

 YOUTEFAPOST.COM

“Siapa saja yang pernah tinggal di Kota Hollandia sekarang Jayapura pasti mendengar, melihat dan sudah tahu Nama A. P. O.. Singkatannya : Army Post Office.

Kenapa dikasih nama : A. P. O karena pada Tahun 1944 Tentara sekutu pimpinan Amerika Serikat membangun 22 Baraks Marinir yang bisa ditampung 10.000 Anggota Tentara Gabungan : Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Kanada, Belanda dan Inggris pada saat perang dunia ke 2 di Pacifik Areal.

Mulai dari Porasko, Kantor Perhubungan, Kantor Polda Papua sampai GOR terlihat dalam foto masih hutan Sagu dan Pohon Nibun.

Dimana dan kemana sekarang baraks “yang dibangung dengan tiang dan seng baja oleh Tentara Sekutu itu.

Menurut penuturan dari Mansar Arnold Mampioper Alm orang yang pernah menulis buku berjudul : ( Jayapura ketika Perang dunia ke 2 ) pada bulan April 2008 kami bertandang dikediamannya Dok V atas Bapa Arnold mengatakan bahwa sampai Tahun 1963 semua baraks dan rumah” bulat yang dibangun Tentara Sekutu masih ada, lengkap katanya, tetapi rumah rumah bulat itu mulai dibongkar satu persatu setelah Bangsa Indonesia masuk di Tanah Papua sejak 1- Mei 1963.

Foto Dok : Musseum PD. 2.
Diposting oleh : Eman Petege.

OK
A.P.O CAMP HOLLANDIA SOEKARNAPOERA
Facebook Comments
6Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *