Gubernur Papua : Tidak ada pesta kembang api di malam pergantian tahun

Gubernur Papua, Lukas Enembe - JUBI

Gubernur Papua, Lukas Enembe – JUBI

Jayapura, Jubi – Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan tahun ini tidak ada perayaan ataupun pesta kembang api di malam pergantian tahun, seperti yang dilakukan pemerintah provinsi di tahun-tahun sebelumnya.

“Tidak ada itu pesta-pesta kembang api,” kata Gubernur kepada wartawan, di Jayapura, Sabtu (29/12/2018).

Enembe menginginkan malam pergantian tahun dilakukan masyarakat secara sederhana, sembari merenungkan persoalan-persoalan yang terjadi di Tanah Papua.

Hal senada disampaikan Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen. Dirinya menegaskan, sesuai instruksi Gubernur Papua, masyarakat tidak diperbolehkan mengadakan pesta kembang api.

“Intinya, sampai dengan berakhirnya bulan desember, tidak boleh ada kegiatan berlebihan yang dilakukan oleh masyarakat,” kata Hery.

Sementara itu, Asisten Bidang Pemerintahan Papua Doren Wakerkwa menilai tidak ada guna menyalakan kembang api secara meriah setiap akhir tahun.

“Membakar kembang api itu hanya kebiasaan semata, lalu minum minuman beralkohol setelah itu bikin keributan dimana-mana. Ini jelas menunjukan tidak ada perubahan sama sekali dalam diri kita dari tahun-tahun sebelumnya hingga tahun ini,” kata Doren.

Menanggapi itu, dirinya menyarankan seluruh masyarakat Papua untuk merayakan malam pergantian tahun secara sederhana, penuh damai, saling menghargai, saling menghormati agar hidup dan tanah Papua lebih diberkati Tuhan.

“Untuk itu, mari gunakan momentum malam pergantian tahun ini untuk merenungi segala apa yang sudah dilakukan kita masing-masing selama satu tahun ini, agar di tahun yang baru seluruh kehidupan dan pekerjaan kita bisa jauh lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya. (*)

Facebook Comments
1Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *