Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Tanah Papua » Mulai dari Sa “STOP” !!! Segala Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Mulai dari Sa “STOP” !!! Segala Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

(112 Views) Desember 4, 2018 10:28 pm | Published by | No comment

PERINGATAN 16 HARI ANTI KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN

TIM PKK PROVINSI PAPUA DAN USAID BERSAMA

GELAR KOMPRENSI PERS

 

ok

foto bersama Ketua PKK Provinsi Ibu Yulce Enembe

ok

saat komprensi pers bersama USAID Bersama

 Tanah Papua,-4/12/2018 Youtefapost.com  -Menurut Tim survey yang dilalakukan oleh UNDP Pada Tahun 2016 Di 4 Kabupaten yaitu kabupaten Jayawijaya, Jayapura, Manokwari dan Sorong menyebutkan bahwa 3dari 5 perempuan pernah mengalami paling tidak satu bentuk kekerasan fisik atau kekerasan seksual,satu dari tiga perempuan pernah mengalami kekerasan emosional,3 dari 4 perempuan pernah mengalami tekanan atau perilaku dikendalikan oleh laki-laki.

Laporan ini juga menyebutkan bahwa sebanyak 13% perempuan melaporkan pernah dipaksa berhubungan sex sejak usia 15 Tahun oleh orang lain,  selain pasangan intim mereka.

Dari sisi frekuwensi,terhadap pasangan atau bukan pasangan, setidaknya melakukan suatu bentuk perkosaan terhadap pasangan atau bukan pasangannya, setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Laporan tersebut juga memaparkan tentang damapak kekerasan pada kesehatan perempuan dimana 7 dari 10 perempuan yang mengalami cidera akibat kekerasan tidak menerima perawatan kesehatan yang dibutuhkan 1 dan 2 perempuan yang pernah mendapat kekerasan oleh pasangan intim dilaporkan memiliki gangguan emosional dan perilaku.

Studi secara global yang dilakukan olh WHO tahun 2013 menyebutkan bahwa diwilayah endemi HIV, resiko penularan meningkat 1.52 kali dikelompok perempuan disebabkan oleh kekerasan berbasis gender.

Dalam ranka memperingati hari anti kekerasan terhadap perempuan,Tim Penggerak PKK Provinsi Papua, bersama mitra NGO atau LSM dengan dukungan USAID Bersama, Program Pencegahan kekerasan berbasis gender ddi Indonesia Timur mengajak seluruh elemen masyrakat di provinsi Papua untuk mengupayakan penghapusan segala bentuk kekerasan terhadap perempuan dan anak dimulai dari sa atau saya.

Mulai dari sa terdiri dari langkah yang dilakukan untuk mencegah segala bentuk kekerasan Tidak melakukan kekerasan dalam bentuk apapun.

Perempuan dan laki-laki diciptakan untuk mendapat hak dan kesempatan yang sama, bahwa korban kekerasan terlebih dahulu ke layanan kesehatan untuk mendapatkan penanaganan kesehatan yang tepat, dan seterunya, Jika mengalami,melihat kekerasan,berani bilang Stop dan laporkan pelaku kepada pihak yang berwajib.

Mari bersama membangun rumah atau honai ditanah Papua yang penuh damai,saling menghormati demi masa depan dan menghakibatkan kualitas sumber daya manusia, laki-laki perempuan yang bebas dari rasa takut dan kekerasan.

By : (Ulin Epa- Communication Asistant,USAID Bersama)

(Editor : Simson WM.Rumainum Redaktur: YoutefaPost.com Papua)

 

Facebook Comments
15Shares
This post was written by admin
About

nama : Simson winand Maurit Rumainum,Amd. IP Tempat dan Tanggal Lahir : Jayapura 28 Juni 1970 status : Lajang Pekerjaan : Jurnalis asli Papua Tamat : Universitas Cenderawasih Jayapura Papua,Fisip Uncen angkatan 2000

Categorised in:

No comment for Mulai dari Sa “STOP” !!! Segala Bentuk Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *