Menu Click to open Menus
TRENDING
Home » Uncategorized » Semua OPD diharapkan Satukan Barisan Urus PON XX Tahun 2020

Semua OPD diharapkan Satukan Barisan Urus PON XX Tahun 2020

(103 Views) Oktober 25, 2018 9:59 am | Published by | No comment

, Yunus Wonda: Seluruh OPD Harus Serius Untuk Urus PON 2020

JAYAPURA Youtefapost,Com  Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dituding tak serius mensukseskan Pekan Olahraga Nasional,

OK

 (PON) XX tahun 2020.
Penegasan itu disampaikan Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda, usai melakukan rapat dengan tiga pimpinan OPD di Kantor Sekretariat PB PON Papua, Rabu, (24/10/2018).
Yunus mengatakan, PB PON Papua sudah tiga kali mengundang pimpinan OPD yang masuk dalam kepanitaan PON, tetapi sebagian besar tidak hadir. “kita sudah berikan undangan kepala OPD, tetapi yang hadir hanya Kadisorda Papua, Kedis Perkebunan dan Karo Umum,” ujarnya.
Yunus yang juga selaku Ketua DPR Papua mengaku, kecewa dengan sikap kepala OPD Papua. “saya tidak tahu kesibukan kepala OPD apa, tapi kita bicara PON, kita mau lihat program kepala OPD apa saja untuk mensukseskan PON, karena kita di PB PON yang akan bertanggungjawab untuk semua pelaksaan ivent empat tahunan tersebut,” kata Wonda.
Oleh karena itu, Yunus minta kepada kepala OPD yang masuk dalam kepanitiaan PON untuk dapat mempresentasikan program 2019.
“Program OPD tahun 2019 ada keterkaitannya dengan PON, makanya, saya minta mereka presentasikan, agar kubutuhan masalah anggaran itu nanti dibicarakan antara eksekitif dan legislatif,” tegasnya.
Yunus mengaku, akan melaporkan kepala OPD kepada Gubernur Papua selaku ketua PB PON Papua.
“saya akan laporkan masalah ini ke Gubernur, tiga kali kami undang untuk rapat tidak ada kepala OPD yang datang, padahal bapak Gubernur selalu ingatkan untuk selalu bicara tentang PON di Papua,” tegasnya.
Yunus menuturkan, rapat yang dilaksanakan ini tujuannya untuk mendengar program kerja dari masing-masing OPD untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua.
Seperti Dinas Perkebunan dan Pertanian, berapa hektar lahan yang sudah disiapkan untuk tanam cabe dan sayur. Kemudian Peternakan, kebutuhan telur dan daging untuk PON berapa banyak.
Menurut Yunus, jika pasokan bahan makanan di Papua cukup tidak perlu harus datangkan dari luar. Oleh karena itu, dengan rapat ini kami dari PB PON hanya ingin mendengar program mereka untuk PON 2020.
“saya harap rapat berikutnya semua kepala OPD bisa hadir, dan presentasikan program kerjanya untuk mendukung PON 2020 di Papua,” tandasnya.
Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe meminta Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Papua untuk seluruh program kerja hanya difokuskan untuk persiapan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.
“Jadi, kita fokus PON XX tahun 2020 semua OPD tidak ada kegiatan lain nanti tahun 2021 baru kita bicara program kerja dan visi misi,” katanya.
Untuk mensukseskan PON XX, kata Gubernur Lukas Enembe, Pemprov Papua akan merampingkan beberapa OPD bahkan ada penghapusan OPD berdasarkan Peraturan Dasar Khusus (Perdasus).
“Ini harga diri kita dan martabat masyarakat Papua. Semua SKPD jangan ko bicara program. Untuk apa ko bicara program. Ko kerja pikir untuk bagaimana sukseskan PON,” tegasnya.
Ditambahkan, event olahraga nasional empat tahunan ini menjadi tanggung jawab bersama, sehingga dalam waktu dekat Bupati/Wali kota Se-Papua diundang untuk membahas persiapan PON nanti. (ges)
[15:54, 10/25/2018] Geis: PB PON Papua Bahas Listrik dan Air

JAYAPURA Youtefapost,- Untuk mensukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020, Panitia Besar PON Papua menggelar rapat dengan melibatkan PT.PLN, PDAM dan Perbankan.
Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan, pertemuan dengan PLN dan PDAM ini sangat penting. Mengingat, air bersih dan listrik sangat dibutuhkan untuk venue maupun hotel tempat para atlet tinggal.
Rapat yang digelar di Kantor Sekretariat PB PON Papua, Rabu, (24/10/2018), Yunus meminta penjelasan dan progress dari PDAM dan PLN untuk mendukung PON 2020 di Papua.
Dikatakan, pasokan listrik di lima klaster tidak ada masalah. “PT. PLN sudah siap untuk pasokan listik di lima klaster penyelenggara PON,” kata Yunus Wonda.
Menurutnya, dari penjelasakan PT.PLN kendala yang akan dihadapi adalah klaster Jayawijaya.
Dimana, salah satu cabang olahraga (paralayang) akan dipertandingkan di Kabupaten Tolikara. “pihak PT.PLN sudah siasati untuk menambah cadangan listik untuk Tolikara, kalau di Jayapura, Merauke, Mimika dan Biak tidak ada kendala,” ujarnya.
Dari laporan mereka juga, kata Yunus, Kementerian Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (Kementerian BUMN RI) sudah intruksikan untuk menyiapkan anggaran untuk sukseskan PON di Papua.
Jadi, PDAM dan PLN sudah sangat siap, membantu pemerintah Provinsi Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020,” ujarnya.
Meski demikian, menurutnya pelaksanaan PON bukan tanpa hambatan. Masih banyak peer yang musti diselesaikan seluruh panitia pelaksana PON dengan mitra kerjanya.
“kita juga sudah lalukan pertemuan dengan perbankan pekan lalu, prinsipnya mereka siap dan membantu Pemerintah mensosialisasi PON XX Papua,”paparnya.
Bahkan, Bank Mandiri sendiri sudah nyatakan akan mencetak kartu ATM dengan logo PON Papua.
“Kita semua harus serius menghadapi perhelatan iven berskala nasional ini. Apalagi, olahraga bagi orang Papua adalah harga diri, maka kita semua harus sukseskan ivent empat tahunan ini,” tandasnya. (PENULIS : Geisler)

(Editor : SONNY RUMAINUM)

Facebook Comments
6Shares
This post was written by admin
About

nama : Simson winand Maurit Rumainum,Amd. IP Tempat dan Tanggal Lahir : Jayapura 28 Juni 1970 status : Lajang Pekerjaan : Jurnalis asli Papua Tamat : Universitas Cenderawasih Jayapura Papua,Fisip Uncen angkatan 2000

Categorised in:

No comment for Semua OPD diharapkan Satukan Barisan Urus PON XX Tahun 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *