Kejuaraan woodball akan Menjadi Ajang Gubernur Cup pertama Dipapua

ok

Kegiatan oalhraga woodball

2 Oktober 2018 Kejuaraan Woodball Piala Gubernur Papua Siap Di Gelar

Youtefapost.com,Jayapura  Kejuaraan Provinsi Indonesia Woodball Asosiasi (IWbA) Papua memperebutkan PIALA BERGILIR GUBERNUR PAPUA siap digelar pada tanggal, 2 Oktober 2018 di Stadion Mandaala Jayapura.

Kejurprov ini selain untuk mensyukuri Kepemimpinan Gubernur Papua Jilid II “ Lukas Enembe, S.IP.,MH dan Clemen Tinal,SE.,MM dalam sejarah Peradaban Orang Asli Papua memimpin sebagai Gubernur dua periode berturut-turut baru terjadi tahun 2018.

“Selama ini belum ada orang Papua yang menjabat Gubernur dua periode sejak Gubernur Van Baal dan Elieser Bonay dari Zaman Belanda sampai Barnabas Suebu,”ujar Ketua Panitia Daniel Womsiwor, saat di Konfrimasi, Minggu 30 September 2018.

Selain Menyukuri sejarah tersebut diatas, Kejurprov Woodball Piala Gubernur Papua pertama ini juga dalam rangka Hari Ulang Tahun IWbA Papua yang ke-IV sejak Woodball Papua lahir di Bali pada tanggal, 2 oktober 2014. Tanggal 2 oktober sangat bersejarah bagi Indonesia dan Papua karena pada tanggal tersebut terjadi perundingan Cabor Woodball untuk di Exibhisikan di PON Ke-XIX Jawa Barat 2016. Jika Papua ikut Exibhisi PON Jabar, maka terbuka kesempatan untuk Cabor Woodball di kompetisikan secara Resmi pada PON XX Papua 2020 dan Sejarah Woodball secara Nasional meskipun masuk dari China Taipe (Taiwan) ke Indonesia pada tahun 2006 tetapi nanti PON ke XX Papua 2020 barulah Kompetisi resminya.

“Tim PON Papua terbentuk di Bali pada tahun 2014 oleh Daniel Womsiwor selaku Pelatih dan Pengurus yang pertama kali belajar dan melatih Cabor ini,”bebernya.

Selanjutnya Cabor ini mulai berkembang ke Papua melalui Kabupaten Supiori, Biak Numfor, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika,Nduga, Boven Digoel, Yahukimo, Yapen dan Keerom. Sampai bulan September ini sudah lebih dari 2300 orang Papua yang mengenal Cabor ini tetapi belum berlatih karena faktor keterbatasan alat yang tergolong mahal bagi Pelajar dan Mahasiswa.

Prestasi yang sudah di capai adalah meraih Medali Perunggu pada Nomor Beregu Putra (Team-Man) pada “ Bali Internasional Sport Week” 11 Oktober 2014 di Bali.
Meraih 2 Medali Emas (Ganda dan Team) pada eksebisi PON ke-XIX Jawa Barat 2016 lalu.

Meraih 1 Medali Emas Ganda Putri pada Indonesia Open Internasional Word-Cup Championship tanggal, 13 Agustus 2017 di Provinsi Kepulauan Riau.
Jumlah medali yang sudah di persembahkan untuk Tanah Papua sejak 2014 hingga 2017 adalah 6 Medali yang di dapat dari:
1. 1 Medali Emas Ganda Campuran di PON Jabar 2016 a.n. Franklin Kmur dan Orince Lokbere.

2. 1 Medali Emas Beregu Campuran di PON Jabar 2016 a.n. Zakarias Womsiwor, Ricardo Mandowen, Orince Lokbere dan Ibena Wenda.
3. 1 Medali Emas Ganda Putri di Indonesia Open Internasional Word-Cup Championship 2017 a.n. Yuliana Maria Korwa dan Infun Womsiwor.

4. 1 Medali Perak Tunggal Putra di PON Jabar 2016 a.n. Santoso
5. 1 Medali Perunggu Beregu Putra di Bali Internasional Sport Week 2014
6. 1 Medali Perunggu Tunggal Putra di PON Jabar 2016 a.n. Bertolomeus Sore.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Elias Wonda, S.Pd.,MH di tunjuk oleh Gubernur Papua sebagai Ketua Umum, maka Cabor Woodball sepenuhnya menjadi tanggung jawab Elias Wonda sepenuhnya untuk menangani tim ini.

Setiap SKPD yang diberi kepercayaan untuk mengurus Cabor yang lolos PON wajib mensukseskan PON ke-XX Papua 2020. PON di Papua sudah menyangkut Harga diri, jati diri, harkat dan martabat, maka Papua harus sekses penyelenggara dan Sukses Prestasi, tentu Kepala Dinas yang sudah di tunjuk agar menyiapkan anggaran untuk Tim Woodball PON Papua sehingga Papua bisa meraih Medali Emas di PON nanti.

Untuk mengimplementasikan Instruksi Gubernur Papua pada tanggal, 10 september 2018 pada apel perdana di Halaman Kantor Gubernur Papua, salah satu kegiatan nyata yang di rencanakan adalah menyelenggarakan Kejuaraan Provinsi Woodball Piala Gubernur yang direncanakan pada tanggal, 2 oktober di Stadion Mandala Jayapura nanti,” (Reporter : Geis)

ok
Kegiatan oalhraga woodball

: Sonnyyp)

Facebook Comments
5Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *