Rangka jembatan Hamadi-Holtekam tiba dari Surabaya

Ilustrasi jembatan Hamadi - Jubi/Dok

Ilustrasi jembatan Hamadi – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Rangka utuh lengkung jembatan Hamadi-Holtekamp yang dikirim dari Surabaya, Provinsi Jawa Timur, tiba di Kota Jayapura, Provinsi Papua, Kamis (21/12/2017) sekitar pukul 10.00 WIT.

“Hari ini kita menyaksikan langsung satu rangka lengkung jembatan Hamadi-Holtekam yang dikirim dari PT PAL di Surabaya, Jawa Timur,” kata Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII Papua, Oesman Marbun, di Jayapura, di hari yang sama.

Ia mengatakan secara utuh rangka lengkung jembatan ini dikirim menggunakan kapal tongkang berkapasitas 8.000 ton.

Rangka lengkung jembatan ini diberangkatkan dari Surabaya menuju Jayapura pada 3 Desember 2017 persis saat Hari Bhakti Pekerjaan Umum.

“Sengaja dikirim pada 3 Desember supaya diingat sepanjang massa, bahwa rangka jembatan dikirim dari Surabaya persis pada Hari Bhakti PU,” ujarnya.

Awalnya, kata Oesman, pengangkutan rangka jembatan itu diperkirakan berlangsung selama 30 hari, namun ternyata lebih cepat dari perkiraan.

Osman menjelaskan bahwa pengangkutan satu unt rangka utuh lengkung jembatan itu menempuh perjalanan sepanjang 3.200 kilo meter selama 17 hari.

Berat rangka lengkung jembatannya kurang lebih 2.000 ton dengan panjang sekitar 112,5 meter.

“Perkiraan kita tadi sekitar satu bulan perjalanan tapi bisa lebih cepat karena cuaca baik. Ini semua berkat dan dukungan doa dari kita semua,” ujarnya.

“Kita harapkan dengan tibanya rangka jembatan ini, pemasangannya juga bisa terlaksana lebih cepat lagi,” sambungnya.

Ia mengatakan, rangka lengkung jembatan yang kedua sementara dalam perjalanan, karena baru diberangkatkan pada 14 Desember 2017.

Kini kapal pengangkut rangka utuh lengkung jembatan yang kedua itu masih berada di perairan Makassar.

“Kita harapkan dan juga mohon dukungan doa supaya di perjalanan cuaca yang tenang sehingga bisa sampai juga seperti sekarang ini lebih kurang 17 hari,” ujarnya. (*)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *