DKP diminta bertangungjawab memenuhi kebutuhan pangan

Working on a digital tablet

Working on a digital tablet

Jayapura, Jubi – Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Papua bertangungjawab mengoptimalkan kerja dan fungsi lintas sektoral agar mampu menanagani persoalan kebutuhan bahan pangan bagi masyarakat Papua.

“Saya mengharapkan ke depan dewan ketahanan pangan kabupaten kota selaku pengelola institusi ketahanan pangan mengoptimalkan peran ketahanan di daerahnya,” kata Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Elia Loupatty, di Jayapura belum lama ini.

Pembangunan ketahanan dinilai penting karena komoditas pangan masuk kategori strategis, berdimensi sosial ekonomi dan politik.

“Untuk mewujudkan sasaran ketahan pangan dengan melakukan mobilisasi dan koordinasi sumberdaya yang dimiliki setiap daerah,” kata  Elia  menambahkan.

Ia berharap koordinasi itu mampu merumuskan langkah aksi sebagai tindak lanjut arahan Presiden dan Menteri Pertanian terkait pembangunan ketahanan pangan yang dapat diterapkan oleh setiap daerah.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengatakan sejumlah daerah sudah mampu menghasilkan pangan, di antaranya Kabupaten Merauke yang  telah menjadi sentral padi di Papua. “Namun itu baru merupakan bagian kecil saja,” kata Hery.

Ia menekankan kinerja bidang ketahanan pangan harus mampu melihat situasi di masyarakat. Tercatat di Papua ada dua wilayah yang sangat berbeda, yakni gunung dan pantai dengan kondisi alam dan makanan pokok berbeda.

“Saya harap jangan membuat suatu program yang terlalu tinggi tetapi hal mendasar tidak diperhatikan. Buatlah sesuatu yang benar-benar bisa menyiapkan bahan makanan untuk masyarakat Papua,” katanya.

Hery yakin teman-teman DKP bisa mengambil langkah konkrit untuk penanganan pangan di Papua (*)

Facebook Comments
0Shares

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *